Luntang-Lantung di Prigen, Pria Ini Embat HP Wisatawan

1082
Ibrahim, tersangka pencurian HP milik wisatawan di Prigen. Foto: Istimewa.

Prigen (WartaBromo.com) – Lontang-lantung di Kabupaten Pasuruan, Ibrahim, warga Dawuhan, Situbondo malah menjadi pelaku kejahatan. Pria 31 tahun ini menggasak HP milik wisatawan di Kecamatan Prigen.

Ia menggasak HP merk Realme C2 milik Bagus Rizaldi. Seorang warga Desa Bulusari, Kecamatan Gempol.

Kapolsek Prigen AKP Bambang Tri S mengungkapkan, pelaku merupakan pengangguran yang tengah mencari kerja di Kabupaten Pasuruan. Di sini, ia juga tinggal nomaden.

“Bisa dibilang lontang-lantung, atau job seeker,” ungkap Bambang, Minggu (25/7/2021).

Dijelaskan Bambang, pencurian HP ini terjadi Sabtu (24/7/2021) pagi. Korban saat itu tengah beristirahat di sebuah toko kosong di lingkungan Pesanggrahan, Prigen.

Tak terasa, korban tertidur dengan HP yang ia taruh di atas dadanya. Sementara itu, pelaku yang mengetahui ada mangsa empuk, segera mendekati korban dan menggasak HP tersebut.

“Nah, aksi pelaku terekam CCTV toko, sehingga nampak jelas wajah pelaku,” kata Bambang.

Setelah korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Prigen, petugas kepolisian segera bergerak mengejar pelaku. Tak menunggu waktu lama, pelaku berhasil dibekuk saat akan beraksi lagi.

“Kami amankan di tengah jalan, mungkin dia akan beraksi lagi,” imbuhnya.

Ditaksir akibat pencurian ini, korban menderita kerugian mencapai Rp 3 juta.

Kini pelaku tak lagi bebas berkeliaran. Ia diamankan di Mapolsek Prigen berikut sejumlah barang bukti. Di antaranya HP milik korban, tas dan baju yang dikenakan pelaku saat beraksi. (oel/asd)