Tak Melulu Dianggap Mistis, Ternyata Ini Manfaat Kembang Kantil Bagi Kesehatan

878

Pasuruan (wartabromo.com) – Bunga kantil memang sering kali dianggap berkaitan dengan hal mistis, khususnya bagi orang Jawa. Pasalnya, bunga ini sering digunakan sebagai bagian dari sesaji pada berbagai ritual khusus.

Namun ternyata, bunga yang memiliki nama latin Michelia x alba ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut dokter umum, dr. Karlina Lestari, bunga cempaka putih atau bunga kantil juga berpotensi meredakan beberapa jenis penyakit.

Dilansir dari sehatq.com, inilah manfaat tanaman yang tergolong famili Magnoliaceae. Apa saja? Yuk, simak!

1. Sebagai Antispasmodik

Komponen volatil dalam bunga kantil diketahui mampu membuat rileks, terutama ketika menyangkut ketegangan otot. Antispasmodik merupakan golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos atau obat untuk spasm otot.

Bunga dan kulit bunga kantil mengandung senyawa yang mudah menguap, dan senyawa tersebut dianggap sebagai zat penenang. Minyak dari bunga kantil dapat menyeimbangkan emosi dan meningkatkan suasana hati.

2. Dapat Membantu Masalah Pernapasan

Minyak esensial dari bunga kantil secara alami dapat merangsang hormon kortikosteroid dalam tubuh yang dapat membantu meringankan asma. Pasalnya, senyawa antiinflamasi dan antispamodiknya dalam bunga kantil berguna mengurangi tekanan di paru-paru dan mencegah bronkitis hingga batuk berlebihan.

3. Membuat Kulit Jadi Lebih Halus

Di dunia kecantikan, kembang kantil dikenal karena kandungan 0,2% minyak atsiri yang sangat harum. Minyak atsiri dari kembang kantil mengandung fenol, sineol, eugenol, bensilaldehida, dan feniletilalkohol.

Dimana kandungan tersebut dapat membuat kulit lebih halus, kencang, dan terhindar dari berbagai efek jahat radikal bebas.

4. Meringankan Gejala Menopause

Sebuah penelitian tahap awal membuktikan, mengonsumsi produk tertentu yang mengandung bunga kantil, kedelai, dan bahan alami lainnya, mampu meringankan gejala menopause berupa hot flashes.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sejumlah penelitian memperlihatkan, para perempuan dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi kombinasi ekstrak bunga kantil dan phellodendron, tidak mengalami peningkatan bobot sebanyak wanita yang tidak mengonsumsinya.

Kelompok perempuan yang mengonsumsi ekstrak bunga kantil dan phellodendron tersebut, makan lebih sedikit kalori. Mungkin, hal tersebut merupakan efek dari bunga kantil yang dipercaya mampu mengurangi stres akibat gangguan makan. (trj/may)