Vaksinasi Lanjutan Kabupaten Pasuruan Bikin Bingung

2205
Ilustrasi Vaksin Covid19

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Lambannya pasokan vaksin di Kabupaten Pasuruan membuat masyarakat kebingungan. Terutama, mereka yang telah menjalani vaksinasi tahap pertama.

Pasalnya, hingga sebulan berlalu, belum ada informasi mengenai pelaksanaan vaksin tahap kedua. “Belum ada kabar sampai sekarang,” kata Deny, salah satu warga di Pandaan.

Deny sendiri sebelumnya mengikuti vaksinasi tahap pertama di Polsek Pandaan pada akhir Juni lalu. Sayangnya, hingga kini, belum ada kejelasan mengenai jadwal pelaksanaan vaksin tahap kedua.

Deny mengaku, sebelumnya pihaknya sempat mendatangi Mapolsek Pandaan guna mencari tahu kabar pelaksanaan vaksinasi lanjutan itu. “Katanya kosong, stoknya habis,” ujar Deny.

Sekretaris Gugus Tugas Anang Saiful Wijaya mengakui, lambannya pasokan menjadikan vaksinasi di Kabupaten Pasuruan berjalan lambat. Hingga pekan lalu, vaksinasi bahkan baru mencapai 9 persen.

Anang menyebut, demi mengejar target vaksinasi 70 persen, pihaknya telah mendistribusikan vaksin ke puskesmas-puskemas kecamatan.

Menurut Anang, total ada 22 ribu vaksin dosis kedua yang telah didistribusikan ke masing-masing kecamatan dimaksud. “Sudah 4-5 harian ini berjalan. Masyarakat bisa langsung datang ke Puskesmas untuk mendaftar,” terang Anang.

Sayangnya, penjelasan Anang dirasa tak cukup melegakan. Meski disebutkan vaksinasi di kecamatan dilaksanakan saban hari, kenyataannya, beberapa kecamatan justru tidak ada kegiatan.

Seorang warga yang sempat menanyakan vaksin tahap dua di Puskesmas Sukorejo, nyatanya kosong. “Sukorejo masih belum mendapatkan alokasi vaksin lagi,” kata koordinator vaksinasi di Puskesmas setempat.

Bukan hanya di Puskesmas Sukorejo. Jawaban yang sama juga diperoleh saat menanyakan vaksin tahap dua di Puskesmas Pandaan. (oel/asd)