Vaksinasi Tahap 2 Polres Pasuruan Tunggu Pasokan

1152

 

Bangil (WartaBromo.com) – Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang digelar Polres Pasuruan dan jajaran polsek masih menunggu jatah kiriman. Pasalnya, stok vaksin yang disediakan terbatas.

Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai melaksanakan vaksinasi dosis kedua secara bertahap. Dari 25 ribu masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi tahap pertama, sebagian sudah mendapatkan vaksin tahap kedua.

“Saat ini sudah berlangsung vaksinasi tahap kedua, sudah 1.500 orang lebih,” kata Erick saat dikonfirmasi wartabromo, Kamis (29/7/2021).

Erick menjelaskan, stok vaksin di Polres Pasuruan memang sudah menipis. Stok vaksin yang masih ada, diprioritaskan untuk vaksinasi dosis kedua.

“Kami masih menunggu jatah. Ketika datang, kami akan mengutamakan dosis kedua. Di samping kami tidak melupakan untuk vaksinasi dosis pertama. Jadi prosentasenya akan lebih banyak yang dosis keduanya,” urainya.

Kapolres menegaskan, jika jatah vaksin sudah datang, pihaknya akan memprioritaskan vaksinasi tahap kedua.

“Ketika datang, kami utamakan untuk dosis kedua. Karena ini sudah waktunya, jangan sampai terlalu lama sehingga jatah vaksin dosis pertama yang sudah disuntikkan jadi tidak efektif,” tambahnya.

Erick menuturkan, bagi masyarakat yang sudah mengikuti vaksinasi tahap pertama yang digelar Polres Pasuruan, agar menghubungi Polsek terdekat, apakah tersedia vaksin untuk tahap kedua. Sekaligus memperhatikan urutan waktu mereka saat mengikuti vaksinasi tahap pertama.

“Sekarang, Senin-Jumat di polsek-polsek sudah dosis kedua. Yang dosis pertama itu di Polres dan gerai vaksin mobile yang ke desa-desa. Jadi imbauan saya, masyarakat yang sudah divaksin tahap pertama dari Polres, silahkan datang ke polsek terdekat, yang saat itu sedang melaksanakan vaksinasi,” imbaunya.

Terpisah, Kapolsek Beji Kompol Akhmad menjelaskan, pihaknya memang menjadwalkan vaksinasi tahap kedua sejak Senin (26/7) lalu. Namun, jatah vaksin menunggu pasokan vaksin dari Polres.

“Nah, Senin kemarin kami melaksanakan vaksinasi tahap kedua 200 dosis. Selasa, karena ada sisa, kami berikan 100 dosis. Untuk kemarin, hari ini dan besok belum ada,” beber Akhmad.

Kondisi serupa juga terjadi di Polsek Sukorejo. Kapolsek Sukorejo AKP Sukiyanto menjelaskan, pihaknya mendapatkan 30 vial untuk 300 dosis vaksin tahap kedua yang sedianya dijadwalkan sejak Senin lalu.

“Jatah itu sudah habis pada Senin dan Selasa kemarin. Memang dosis kedua di polsek. Kami laksanakan vaksinasi jika stok vaksin pasokan dari Polres ada. Sekaligus melihat urutan siapa yang mengikuti vaksin tahap pertama. Jadi siapa yang lebih awal dapat vaksin tahap pertama, tahap keduanya akan didahulukan, ” jelas Suki. (oel/asd)