5 Profesi Menjanjikan di Masa Depan Beserta Gajinya

1302

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi calon mahasiswa, memilih jurusan terkadang menjadi hal yang paling membingungkan. Untuk itu, perlu sekali menengok ragam profesi di masa depan yang menjanjikan.

Berdasarkan survei future of job report 2018, ada 133 juta lapangan pekerjaan baru yang tumbuh pada 2022. Sementara ada 75 juta lapangan kerja lama yang semakin turun di tahun depan.

Lalu, apa saja profesi yang bakal tumbuh di masa depan?

  1. Analisa data atau data scientist

Seperti sebutannya, data analyst adalah pekerjaan yang bertanggungjawab untuk menerjemahkan sebuah data. Sehingga data itu bisa diolah, lalu dijadikan laporan di sebuah perusahaan.

Nah, mereka juga bertugas untuk menganalisis data untuk meningkatkan profit perusahaan hingga kredibilitas perusahaan.

Baca Juga :   Pemohon Kartu Kuning di Kota Pasuruan Didominasi Lulusan SMK

Karena tugas yang cukup berat ini, gaji yang dijanjikan pada 2018 lalu berdasar survey mencapai 11 juta rupiah. range gajinya mulai 4 juta sampai 18 juta. tergantung pengalaman, posisi, tanggung jawab hingga masing-masing daerah ya!

  1. Spesialis kecerdasan buatan atau AI

Wah ini salah satu pekerjaan yang pertumbuhanny meningkat pesat.  AI specialist ini adalah orang yang ahli dalam pemrograman komputer. Profesinya juga beragam. seperti java developer, software enginer dan banyak lagi.

Gaji yang diperoleh juga bervariasi. Sebab, spesialis AI biasanya dikontrak berdasarkan proyek, atau kebijakan perusahaan.

Contohnya di Amerika Serikat, gaji yang diperoleh bisa sampai Rp600ribu per jamnya. Maka dari itu, AI spesialist bisa mendapatkan miliaran rupiah per tahun.

  1. General manager
Baca Juga :   Jurusan Kuliah Untuk Orang yang Pemalu

Dalam sebuah perusahaan, ada jabatan general manager. Posisi ini bertanggung jawab untuk mengarahkan berbagai unit fungsional dari perusahaan, dan mengatur perusahaan.

Jadi sebelum sampai ke direktur, general manager dulu yang memikul tanggung jawab perusahaan.

Data pada 2019 lalu, gaji manager sudah di angka Rp5,5 juta rata-ratanya. Tapi kalau di perusahaan besar, nilainya sudah di atas Rp10 juta. Bahkan bisa bisa mencapai Rp75 sampai 100 juta. Besar ya?

  1. Marketing atau profesional pemasaran

Pemasaran tentu memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan ya. Apalagi kalau sudah profesional. Jelas jasanya dihargai mahal karena membawa profit dengan mendatangkan klien-klien potensial.

Lantas berapa sih gajinya? Range gaji seorang marketing yang profesional paling sedikit di angka Rp26 juta. itu bisa bertambah tergantung penjualannya. Seberapa banyak seorang marketer melampaui target.

  1. Spesialis big data
Baca Juga :   Kuota Transmigrasi di Kabupaten Pasuruan Dijatah 5 KK

Wah ini juga profesi yang banyak dicari oleh perusahaan besar. Semakin canggih teknologi, semakin banyak dicari profesional spesialis big data.

Sebenarnya hampir sama sih dengan poin pertama. Spesialis big data ini adalah profesi untuk seseorang yang mahir mengolah data. Merekalah nanti yang juga jadi penentu sebuah perusahaan.

Biasanya spesialis big data ini ahli dalam sistem informasi, teknologi, cyber dan lain sebagainya.

Gajinya hampir mirip lah ya. Untuk yg paling kecil sekitarRp 6-10 juta rupiah per bulannya.

Itu dia profesi-profesi menjanjikan di tahun 2022. Kamu berminat yang mana nih?? (may/ono)