Ini Mitos dan Larangan yang Tak Boleh Dilakukan di Malam Satu Suro

44451

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Tahun baru Islam atau biasa disebut 1 Muharam adalah tanggal yang penting bagi umat muslim. Pasalnya, tahun tersebut sebagai bentuk peringatan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Namun, bagi masyarakat Jawa, awal bulan Muharam disebut juga sebagai malam 1 Suro. Tanggal 1 Suro pada tahun 2021 kali ini jatuh pada Selasa (10/08/2021). Waktu tersebut kerap diwarnai dengan berbagai mitos dan larangan.

Dinukil dari beberapa sumber, malam satu Suro diyakini sebagai malam yang sangat sakral dan berkaitan dengan hal-hal mistis dan penuh misteri. Berikut beberapa hal misteri yang dipercaya pada 1 Suro:

1. Tak Boleh Mengadakan Pesta Pernikahan

Budaya Jawa sangat memantang jika orang tua menikahkan anaknya pada bulan Suro. Kepercayaan mereka mengatakan jika tetap dilakukan, keluarga akan mendapat kesialan.

Beberapa mengatakan ini hanyalah mitos belaka. Alasanya, jika masyarakat mengadakan pesta pada malam Suro, ini dianggap akan menyaingi ritual keraton yang akan dirasa sepi.

2. Tak Boleh Pindah Rumah

Menurut Primbon orang Jawa, ada yang disebut hari baik dan ada pula hari buruk. Sebagian orang percaya untuk tidak melakukan pindahan rumah saat malam satu suro karena dianggap bukan hari baik. Sedangkan menurut agama Islam, semua hari adalah baik.

3. Kembalinya Arwah Leluhur ke Rumah

Sebagian masyarakat jawa pada masa lalu lebih sakral lagi dalam menanggapi datangnya pergantian tahun Hijriyah. Banyak diantara mereka yang meyakini di malam satu suro, arwah leluhur yang telah meninggal dunia akan kembali dan mendatangi keluarganya di rumah.

Tak hanya itu, bahkan beberapa orang menambahkan, pada malam satu suro arwah orang-orang yang menjadi tumbal pesugihan akan dilepaskan. Juga, diberi kebebasan pada malam tersebut sebagai hadiah pengabdiannya selama setahun penuh. (trj/may)