Mom Harus Tahu, Berikut Tips Memilih Buku Untuk Balita

466

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Membacakan buku untuk anak merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat. Dari buku, anak dapat memperoleh banyak pengetahuan dan berbagai manfaat lainnya.

Melihat banyaknya hal positif yang akan didapat dari kegiatan tersebut, Mom pun harus memberikan aneka jenis buku anak pada buah hati. Namun, pastinya Mom harus tepat memilihkan buku yang akan dibacakan pada buah hati.

Banyaknya buku anak yang tersedia di toko buku terkadang bisa membingungkan ya, Mom. Oleh karen itu, Mom pun harus tahu bagaimana cara memilih buku yang tepat. Pasalnya, jika salah memilih, maka tidak bisa berfungsi dengan baik kepada buah hati.

Berdasarkan beberapa sumber, Ini tips yang bisa Moms lakukan saat hendak memilih buku untuk buah hati:

1. Pilih Buku yang Sesuai dengan Usia Buah Hati

Faktor usia tentunya menjadi bahan pertimbangan penting saat memilih buku anak. Jangan sampai buku yang seharusnya untuk balita, tapi malah membeli buku untuk anak usia 6 tahun ke atas.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, berikut ini kriteria buku sesuai usia anak yang bisa dijadikan panduan:

a. Usia 0-1 Tahun:
– Material buku terbuat dari karton tebal dengan ujung-ujung yang tumpul atau terbuat dari kain lembut.
– Konten berisi ilustrasi yang jelas, sederhana, serta berwarna cerah dan kontras.
– Tipe buku pop-up, dilengkapi tombol usik, dan memiliki aneka tekstur untuk bayi belajar.

b. Usia 1-3 Tahun:
– Materialnya terbuat dari kertas yang tebal.
– Konten berisi gambar berupa rangkaian cerita.
– Isinya menceritakan aktivitas sehari-hari.

c. Usia 3-5 Tahun :
– Isi cerita bertema angka dan warna.
– Cerita non fiksi.
– Mengandung karakter dan jalan cerita yang lucu.

2. Pilih Buku yang Isinya Mayoritas Gambar dan Warna

Anak-anak lebih menyukai gambar dibanding tulisan. Mom harus tahu, balita mempunyai daya visual yang lebih kuat dibanding sekadar mendengar cerita. Dari visual yang menarik, imajinasi akan diasah dan meningkat.

Jadi, pilihlah buku yang menggunakan banyak ilustrasi atau gambar sehingga dapat membangkitkan minat anak terhadap buku. Dengan begitu anak akan lebih mudah mengerti isi cerita yang disampaikan. Gambar yang berwarna lebih mudah diingat dan dicerna anak.

3. Pilih Bentuk dan Jenis Buku yang Aman

Untuk menghindari kesalahan dalam memilih buku, ada beberapa buku yang aman bagi anak, baik dari segi konten maupun tekstur. Di antara buku yang aman tersebut adalah pop-up book, bath book, noisy book, convertible book, cardboard book, dan busy book. (trj/may)