Fenomena Gunung Bertopi Kembali Muncul, Bikin Kagum

1823

 

Prigen (wartabromo.com) – Fenomena gunung bertopi di wilayah Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan kembali muncul, Kamis (12/8/2021) pagi. Sontak hal ini membuat sejumlah warga yang melihat kagum.

Kanit Binmas Polsek Prigen Bripka Darman yang sempat melihat awan tersebut lantas mengabadikan momen indah tersebut. Ia kagum dengan fenomena tersebut yang dinilai indah.

“Karena seperti ada topinya, di dua gunung, yang satu di blok Welirang dan satu di sebelahnya,” tutur Darman.

Dikatakan Darman, fenomena alam ini berlangsung kurang lebih 2 jam. Dari pukul 05.15 – 07.30 WIB. “Lumayan lama, dan sempat saya foto. Memang pemandangannya bagus,” tambahnya.

Salah satu warganet yang juga sempat mengabadikan momen indah ini adalah akun _diik07. Ia membagikan jepretannya di instastroy akun instagramnya.

“Arjuno ringgit welirang hari ini bertopi,” tulisnya.

Sementara itu, Suwarto, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Geofisika Pasuruan mengatakan, fenomena gunung bertopi tersebut merupakan fenomena alam biasa. Dan beberapa kali memang terjadi di sekitar Gunung Arjuno-Welirang-Ringgit.

“Itu disebut awan Lenticularis. Jadi awan yang terbentuk akibat angin yang mengarah ke atas gunung karena perbedaan tekanan,” kata Suwarto saat dihubungi wartabromo.

Fenomena ini, kata Suwarto, sering pula dijumpai di wilayah pegunungan. Menurutnya, awan berbentuk seperti topi ini tidak berbahaya.

“Tidak ada efeknya, hanya bentuk awannya saja yang seperti itu. Ya memang bentuknya menarik,” jelasnya.

Suwarto menambahkan, fenomena ini bisa berlangsung selama 1 jam, bisa lebih bisa kurang. Tergantung cuaca, dan kecepatan angin di sekitar awan tersebut.

“Kalau panas cepet pudar, dan kalau tersapu angin yang kencang bisa cepar hilang,” tandasnya. (oel/may)