Ingin Cerai dengan Pasangan? Pastikan Hal Ini Sebelum Memutuskannya

2464

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebuah pernikahan tidak selalu berakhir bahagia. Ada kalanya, pasangan yang sudah menikah malah menyesal dan mempertimbangkan untuk bercerai.

Meski begitu, keputusan untuk cerai bukanlah sesuatu yang bisa sembarangan diambil. Pasalnya, perceraian dapat memiliki dampak permanen pada sebuah hubungan.

Apalagi bagi yang sudah memiliki anak, dampak perceraian akan sangat berpengaruh pada kondisi psikologis anak. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk bercerai, ada baiknya seseorang memastikan hal-hal berikut sebagaimana dikutip dari kompas.com:

1. Perhatikan Kondisi

Perhatikan bagaimana hubungan yang sedang dijalani dengan pasangan. Apakah masih berjalan sebagaimana harusnya atau tidak. Jika hubungan antara suami dengan istri masih berjalan sebagaimana mestinya, mungkin status pernikahan masih layak untuk dipertahankan.

Baca Juga :   Pasangan LDR Wajib Tahu! Ini Tanda Pasanganmu saat Berbohong

Namun, apabila banyak hal yang tidak berjalan optimal atau bahkan sama sekali tidak berjalan, maka tidak ada salahnya mempertimbangkan opsi untuk bercerai.

2. Pikirkan Dampak Psikologis Anak

Bagi anak-anak, terutama balita, perceraian jelas akan mempengaruhi kondisi psikologisnya. Apabila perceraian memang harus diambil, ada baiknya untuk membawa anak-anak ke tempat terapi psikologi saat perceraian dilakukan.

3. Pastikan Tekad di dalam Diri

Sebelum mengambil keputusan besar untuk mengakhiri hubungan yang sudah diresmikan negara juga agama, seorang suami atau istri perlu kemantapan dalam hatinya untuk memutuskan bercerai.

Jika keraguan masih ada dalam batin, maka jangan sekali-kali mengucapkan kata sakral “cerai”. Apalagi lebih jauh, hingga mengajukan gugatan ke pengadilan. Jika hati kecil masih ragu-ragu untuk bercerai atau tidak, itu berarti masih ada harapan bagi sebuah keluarga dipertahankan. (trj/may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.