HUT RI, Bendera Raksasa Dipasang di Bendungan Sungai

1271

Pohjentrek (WartaBromo.com) – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, warga Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan mengibarkan bendera raksasa di bendungan sungai.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dam Pleret, Heru Yulianto mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan bendera raksasa berukuran 17X8 meter yang akan dikibarkan hari ini, Selasa (17/08/2021).

Rencananya bendera tersebut bakal dibentangkan sepanjang dam atau bendungan sungai. Lalu akan ada upacara nantinya yang dilaksanakan dengan memerhatikan protokol kesehatan.

Menurut Heru, pengibaran bendera merah putih berukuran besar ini sebagai ekspresi rasa nasionalisme warga sekitar. Bendera yang disiapkan pun merupakan hasil swadaya masyarakat sendiri.

Lalu selain itu, kata Heru, ia juga ingin menunjukkan bahwa upacara bendera tak melulu harus di lapangan. Bahwa di mana pun upacara bisa dilaksanakan, termasuk di sekitar sungai.

“Kan upacara tidak di lapangan aja, bahwa di sungai pun kita bisa mengibarkan bendera,” ujarnya.

Bagi dia dan warga sekitar, momen peringatan kemerdekaan ini sekaligus merupakan waktu yang tepat untuk melakukan refleksi dan berdoa agar pandemi Covid-19 cepat berlalu dan kehidupan kembali sedia kala.

“Harapan kami di momen 17 Agustus ini, semoga keadaan segera membaik dan kembali seperti semula,” imbuh Heru. (tof/asd)