Ngonthel Bareng Rayakan Kemerdekaan RI di Probolinggo

621

Kraksaan (WartaBromo) – Gegap gempita perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung di seluruh nusantara. Di Kabupaten Probolinggo, komunitas sholawat merayakannya dengan upacara bendera dan ngonthel bareng.

Di masa pandemi dan penerapan PPKM Darurat, upacara bendera Kemerdekaan Republik Indonesia digelar sederhana oleh Komunitas bernama Onthel Pesona Rosho (Rotib dan Sholawat).

Sebuah bendera ditancapkan di tengah-tengah halaman Pondok Pesantren Raudhatut Tholibin (PP Ratu) Desa Alassumur Kulon, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Tak lupa properti sepeda onthel dan pernak-pernik bendera merah-putih menghiasi.

Setiap peserta menggunakan masker dan menjaga jarak. Meski memakai sarung dan kopiah, upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB itu, tetap berlangsung khidmad. Sebagai rasa hormat kepada para pejuang kemerdekaan yang telah susah payah memperjuangkan kemerdekaan NKRI.

“Kita patut bersyukur atas kemerdekaan bangsa ini. Perjuangan para ulama, bapak bangsa dan pejuang-pejuang, wajib kita hormati. Betapa beratnya perjuangan mereka. Generasi saat ini, harus tahu itu,” kata KH. Husein Asyari, pembina Majelis Onthel Pesona Rosho pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Usai melaksanakan upacara bendera, mereka bershalawat dan berdoa. Dengan harapan Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul di kancah dunia. Keutuhan NKRI juga terjaga di tengah maraknya isu radikalisme.

Peserta upacara juga berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. “Selain ikhtiar dhohir dengan disiplin prokes, ikhtiar batiniah dengan memohon kepada Allah juga penting dipanjatkan,” sebut pengasuh PP Ratu tersebut.

Puluhan anggota itu, lantas mengayuh sepeda angin mengelilingi jalan raya di Kota Kraksaan. Ngonthel bareng ini untuk mengingatkan kepada warga akan arti kebangsaan. Juga memberitahu betapa negara ini sangat kaya akan budaya.

“Juga mengenang pejuang-pejuang yang telah kemerdekaan Indonesia dengan alat seadanya, termasuk dengan menggunakan sepeda ontel. Merdeka!,” timpal Abdul Hadi, petinggi Onthel Pesona Rosho.

“Kita juga dapat sehatnya, dengan mengayuh pedal secara otomatis keringat bercucuran. Ya salah satu usaha untuk meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi,” tandas Pak Onthel begitu ia disapa. (saw/may)