Tips Berkendara Aman Menggunakan Mobil Matik di Jalan Turun

2186

Pasuruan (wartabromo.com) – Selain jalanan menanjak, setiap pengemudi harus bersiap menghadapi medan jalan yang menurun. Apalagi ketika mengemudikan mobil matik.

Sebab, untuk bisa mengendarai mobil matik di jalan menurun harus memahmi tekniknya. Akan menjadi salah kaprah apabila hanya mengandalkan pedal rem.

Kenapa? karena, tanpa disadari gesekan kampas rem pada tromol maupun cakram pada proses pengereman, lama kelamaan mengakibatkan vapor lock. Perlu dicatat, vapor lock membuat cairan rem mendidih kemudian memunculkan uap air pada saluran cairan rem.

Lantas, apakah ada tips berkendara yang aman menggunakan mobil matic saat di jalan turun? Tentu saja, dinukil dari kompas.com begini tipsnya:

1. Gunakan Engine Brake

Baca Juga :   Ini Sumber Masalah Rantai Motor 'Berisik'

Apabila hendak melintas di jalan turun dan mengendarai mobil matik, maka pastikan mengerem menggunakan engine brake. Adapun triknya, dengan memindahkan tuas transmisi dari D ke gigi 3 atau 2.

Tak banyak pengendara mobil matik ketahui, ternyata jika memaksakan mengerem mobil matic saat di turunan, maka akan ada beberapa potensi kecelakaan. Misalnya komponen rem akan menjadi panas, dan membuat rem menjadi blong. Untuk itu, engine brake sangat diperlukan.

2. Kurangi Laju Mobil Sebelum Melintas di Jalan Turun

Sebelum melaju di jalan turun, kurangi laju mobil. Kemudian pindahkan gigi ke yang lebih rendah secara bertahap. Hal ini tergantung kondisi dan medan jalannya.

3. Cek Kondisi Rem Secara Rutin

Baca Juga :   Jurus Jitu Rawat Motor Jadul Agar Peforma Tetap Bagus

Tips selanjutnya, pemilik mobil juga perlu melakukan pengecekan dari komponen pengereman. Apalagi mobil matic sangat bergantung dengan rem.

Cek kondisi kampas rem apakah masih tebal, kemudian juga cek minyak rem jangan sampai kurang dari batas minimal. Perhatikan dengan baik semua tips yang ada di atas. Jangan sampai beberapa hal yang belum diketahui ini malah berakibat fatal di kemudian hari. (trj/may)