Vaksinasi di Kota Pasuruan Belum Capai Target 70 Persen

710

Pasuruan (WartaBromo.com) – Capaian vaksinasi 70 persen yang ditarget Pemkot Pasuruan pada bulan Agustus belum tercapai. Keterlambatan distribusi vaksin dari pusat jadi kendala.

Sebelumnya Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengungkapkan, pemkot terus melakukan percepatan vaksinasi dalam beberapa bulan terakhir. Dan pada bulan Agustus 2021, ia menargetkan vaksinasi bisa mencapai 70 persen.

Namun sampai akhir Agustus, vaksinasi di Kota Pasuruan masih mencapai 54 persen dari total sasaran. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Shierly Marlena mengatakan, ada total 150 ribu warga Kota Pasuruan yang akan divaksin.

Ratusan ribu warga tersebut meliputi tenaga kesehatan, pekerja pelayan publik, lansia, warga disabilitas, hingga masyarakat umum.

Baca Juga :   Menunggu KIS Aktif, Balita Penderita Radang Selaput Otak Butuh Uluran Tangan

Menurut Shierly, kendala yang dialami pemkot ialah ketersediaan vaksin. Hal ini karena distribusi vaksin dari pusat yang terhambat. Kondisi ini, kata Shierly, juga tak hanya terjadi di Kota Pasuruan.

“Daerah lain juga ada yang mengalami hal serupa,” kata Shierly.

Saat ini pemkot terus melakukan percepatan vaksinasi. Beberapa waktu yang lalu pemkot juga telah menggelar vaksinasi untuk pelajar tingkat SMP-SMA.

Gus Ipul mengatakan, vaksinasi pelajar SMP-SMA di Kota Pasuruan menyasar sekitar 20 ribuan siswa-siswi. Jika vaksinasi ini sudah selesai 100 persen, diharapkan proses pembelajaran tatap muka dari yang saat ini 30 persen bisa dinaikkan menjadi 50 persen. (tof/may)