Hari Jadi PMI Ke-76, Wakil Wali Kota Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan

950

Pasuruan (wartabromo.com) – Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo memimpin apel gelar pasukan. Apel ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) ke-76, pada hari Minggu (26/9/2021) di halaman SDN Purutrejo, Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini, Adi Wibowo (Mas Adi) yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kota Pasuruan membacakan amanat dari Ketua PMI Pusat, Yusuf Kalla. Ditekankan, keberadaan Palang Merah sangatlah penting disuatu negara.

“Adanya Palang Merah di suatu negera itu sangat penting. Karena, Palang Merah merupakan lembaga yang dapat menolong sesama, bertidak netral dan juga merencanakan upaya mensejahterakan masyarakat,” ujar Mas Adi membacakan amanat.

Tak hanya itu, ia juga berterima kasih kepada seluruh relawan, pengurus PMI dan semua pihak yang telah bekerjasama meminimalisir penyebaran dan penularan Covid-19. Sehingga, penyebaran Covid-19 di Kota Pasuruan semakin turun dan terkendali.

Baca Juga :   Bupati Pastikan Stok Darah di Kabupaten Pasuruan Aman

“Saya mengucapkan terima kasih karena penyebaran Covid-19 di Kota Pasuruan semakin menurun dan terkendali. Tidak lain, ini semua berkat kerjasama semua pihak, baik dari Pemerintah, Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat,” kata Mas Adi.

Lebih lanjut, Mas Adi menjelaskan sejarah singkat didirikannya PMI. Yaitu, pertama kali didirikan oleh Mochammad Hatta, pada 17 September 1945. Organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan ini kemudian dan diakui oleh negara dalam undang-undang no.1 tahun 2018.

“76 tahun silam PMI didirikan oleh Mochammad Hatta, kemudian diakui negara dalam undang-undang No. 1 tahun 2018. Dalam UU ini diterangkan, PMI merupakan suatu lembaga yang bekerja terkait adanya bencana, konflik di suatu negara dan membantu korban musibah yang harus ditangani,” pungkasnya.

Baca Juga :   Khofifah: Dipimpin Gus Ipul, Kota Pasuruan Bisa Jadi Singapura-nya Jawa Timur

Apel gelar pasukan yang dihadiri langsung oleh Kepala PD Terkait dan Pengurus PMI dan diikuti Staf dan Relawan PMI ini berlangsung dengan khidmat. Tak lupa, Mas Adi mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh pengurus dan relawan karena telah bekerja dengan maksimal.

“Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan relawan yang telah bekerja keras dengan ikhlas dan maksimal dalam mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya menutup amanat. (trj/*)