Usai 15 Tahun Diacuhkan, Jalan “Jeglongan Sewu” di Tutur Dibenahi

1082

Tutur (WartaBromo.com) – Jalan penghubung Kecamatan Tutur-Puspo melalui Desa Kalipucang-Andonosari mulai dibenahi. Jalan yang sempat disebut jeglongan sewu ini sudah 15 tahun diabaikan dengan kondisi rusak parah.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, M. Sudiono Fauzan menyatakan, selama 15 tahun jalan sepanjang 1,4 kilometer tersebut luput dari perhatian pemerintah setempat. Sampai akhirnya, pemerintah setempat mengalokasikan dana Rp721 juta untuk pembenahan jalan.

“Saya ingin memastikan bahwa proyek ini dikerjakan tepat waktu,” kata Dion, dalam sidak yang dilakukan bersama Dinas PU Bina Marga, Senin (27/9/2021) siang.

Dion yang baru pertama melihat jalan tersebut menilai, bahwa jalan yang dibiayai dari APBD tahun 2021 ini memang harus dibenahi. Pasalnya jalan tersebut sudah lama tidak dibenahi.

Baca Juga :   Banyak Lubang, Jalan Besuk-Glagah Dikeluhkan Warga

“Betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat, dan ternyata 15 tahun jalan ini hancur, dan mungkin terlewatkan,” paparnya.

Oleh sebab itu, Dion berharap jalan tersebut agar segera diselesaikan, sesuai target pengerjaan dalam waktu 3 bulan. “Untuk kontraktor agar dikerjakan sesuai spek dan tepat waktu, agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Perencanaan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Listiani memaparkan pengerjaan ini akan berlangsung 3 bulan, dengan target penyelesaian pada 1 Desember mendatang. Jalan sepanjang 1,4 kilometer ini memiliki nilai kontrak Rp559 juta

“Dengan rincian, 1 kilometer akan memakai lapen, dengan lebar 4 meter, sedangkan yang 400 meter hotmix dengan lebar 3 meter,” urainya. (oel/asd)

Simak videonya:

Baca Juga :   Melihat Bandi yang Tanpa Pamrih Menambali Lubang Jalan