Empat Kabupaten Level 3, Bromo Tutup Lagi

2998

Sukapura (wartabromo.com) – Empat kabupaten di lereng Gunung Bromo kembali level 3. Akibatnya, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) kembali menutup wisata bertaraf internasional itu.

Penutupan kawasan wisata Bromo sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 47 tahun 2021, tentang PPKM level 4 sampai level 1, Jawa Bali. Berdasarkan instruksi itu, empat kabupaten di Lereng Bromo kembali masuk level 3. Yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang.

Humas BB TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, penutupan sudah sesuai dengan ketentuan itu. “Tepatnya Diktum 1 huruf E dan Diktum 5 Huruf J,” katanya, melalui sambungan selular, Selasa siang.

Diktum 1 Huruf E yang dimaksud adalah kondisi tiga kabupaten yang masuk level 3. Sementara diktum 5 huruf J, menyebut fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) ditutup sementara.

Baca Juga :   Ansor Probolinggo Siap Jadi Saudara Eks FPI

Praktis, kawasan wisata Bromo kembali tutup untuk wisatawan. Dalam rilisnya, penutupan itu tidak ditentukan sampai kapan alias menunggu pengumuman lebih lanjut. Edaran itu, ditandatangani oleh Plt. Kepala BB TNBTS, Novita Kusuma Wardani.

Kebijakan penutupan sementara obyek wisata Bromo itupun, disayangkan banyak pihak. Lantaran sampai sejauh ini, aktifitas perekonomian dari sektor wisata sudah kembali bersemangat. Namun lagi-lagi harus tiarap dan berhenti lagi. (lai/saw)