Ini Penyebab PPKM Kabupaten Pasuruan Naik Level 3

2561
Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kabupaten Pasuruan kini naik dari PPKM Level 2 ke PPKM Level 3. Salah satu penyebabnya karena capaian vaksinasi yang masih rendah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, saat ini salah satu tolak ukur penerapan level PPKM di suatu daerah adalah capaian vaksinasi di daerah tersebut.

Sebelumnya diketahui Kabupaten Pasuruan sempat turun menjadi level 2. Pada waktu itu pelonggaran sudah mulai diberlakukan dan menurut Anang, ada euforia yang terjadi di masyarakat.

“Kepatuhan masyarakat terhadap prokes mulai kendor 2 hingga 3 pekan terakhir,” kata Anang.

Dengan naiknya level PPKM di Kabupaten Pasuruan, operasi kepatuhan prokes akan lebih ditingkatkan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu untuk vaksinasi, hingga saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Pasuruan masih 29 persen. Menurut Anang, sebelumnya capaian vaksinasi tidak menjadi tolak ukur penerapan level PPKM.

“Sekarang jadi tolak ukur, sehingga naik ke level 3,” imbuhnya.

Anang melanjutkan, vaksinasi di Pemkab Pasuruan menyesuaikan distribusi vaksin dari pusat. Selama ini vaksin yang diterima pemkab jumlahnya tidak banyak.

Namun begitu, kata Anang, saat ini pemkab terus melakukan berbagai upaya, termasuk vaksinasi, untuk menurunkan level penerapan PPKM di Kabupaten Pasuruan.

“Vaksinasi akan kita kebut. Saat ini setiap hari sebanyak 15.000 dosis vaksin diberikan dan akan terus dilakukan selama stok vaksin masih ada,” ujar Anang. (tof/may)