Kerugian Kebakaran Pasar Nguling Capai Miliaran Rupiah

720
Kerugian Akibat Kebakaran Pasar Nguling Capai Miliaran Rupiah
Puing sisa kebakaran Pasar Nguling. Foto: Amal Taufik.

Nguling (WartaBromo.com) – Ratusan kios di Pasar Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan ludes dilahap api pada Kamis (07/10/2021). Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Koordinator Pasar Nguling, Sugianto mengatakan, ada 127 kios dan 9 los yang ludes. Sementara pedagang yang terdampak diperkirakan mencapai 217 pedagang.

“Untuk kerugian aset pasar kira-kira mencapai Rp3,5 miliar,” kata Sugianto.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Diano Vela Very menambahkan, tim teknis akan melakukan survei kelayakan bangunan yang tersisa, apakah rehab total, rehab sedang, atau rehab berat.

“Sementara agar pedagang bisa beraktivitas disiapkan tempat sementara di lahan BUMDes,” kata Diano.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda Pasar Nguling, Kabupaten Pasuruan, Kamis (7/10/2021) sore sekira pukul 16.00.

Sebanyak lima unit mobil damkar diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Upaya pemadaman yang dilakukan sejak sore itu baru berhasil sekitar pukul 20.45. Pukul 21.00 petugas sudah melakukan pembasahan.

Kapolsek Nguling, AKP Zudianto mengatakan, informasi yang didapatkan polisi, pada sore itu ada salah satu warga yang mengetahui kepulan asap di tengah-tengah pasar. Dari titik itulah diduga muncul percikan api.

“Dugaan sementara kebakaran dipicu korsleting listrik,” ujar Zudianto. (tof/asd)