Waspada! Ini Penyebab Korsleting Listrik yang Picu Kebakaran

9789

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejumlah peristiwa kebakaran terjadi di Pasuruan dalam beberapa hari terakhir. Kebanyakan penyebabnya karena korsleting listik.

Peristiwa kebakaran tersebut diketahui terjadi di MAN Kota Pasuruan hingga Pasar Nguling. Penyebabnya diduga sama yakni adanya korsleting listrik.

Jika bolo warmo belum tahu, korsleting listrik ini merupakan terputusnya arus listrik akibat arus positif dan negative bersentuhan. Nah penyebabnya bermacam-macam. Seperti karena penyambungan kabel yang tidak tepat, atau hal lain.

Untuk itu, bolo warmo harus mewaspadai adanya korsleting listrik ini. Sebab korsleting ini bisa jadi penyebab kebakaran hingga menghilangkan nyawa lho!

Berikut penyebab korsleting listrik yang berhasil dirangkum WartaBromo:

  1. Pemasangan instalasi yang tidak tepat

Memasang instalasi listrik jadi salah satu komponen penting di rumah maupun tempat umum. Untuk itu, sebaiknya gunakan jasa professional atau layanan yang punya kompetensi untuk memasang instalasi listrik dengan baik.

Layanan professional ini biasanya memiliki bukti berupa Sertifikat Layak Operasi (SLO). Atau minimal harus tergabung dengan Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI).

  1. Alat listrik tak sesuai standar

Saat melakukan instalasi listrik, hendaknya gunakan alat dan bahan yang sesuai standar. Seperti kabel, stop kontak, saklar, dan lain sebagainya. Pastikan bahan tersebut memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar PLN (SPLN) atau Standar dari Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK).

Baca juga: Ini Penyebab Kebakaran di Pasar Nguling

  1. Alat listrik bermasalah

Setelah memastikan alat listrik sesuai standar, cek secara berkala selama digunakan. Pastikan kabel dalam kondisi baik dan tidak mengelupas. Apabila sudah mengelupas, hendaknya tutup dengan plester yang diperuntukkan untuk kelistrikan. Namun jika sudah tidak bisa diperbaiki, ganti kabel secepatnya.

Selain memperhatikan kabel, bolo warmo juga harus memastikan colokan listrik tidak menumpuk. Sebab apabila kabel yang dicolokkan saling menumpuk, energi panas juga bisa terkumpul dan terperangkap di sana. Korsleting listrik bisa terjadi dengan cepat.

Kemudian, perhatikan alat elektronik secara berkala. Apabila telah usang dan seringkali bermasalah, jangan digunakan. Segera ganti dengan alat yang baru.

Baca juga: Tips Menghindari Korsleting Listrik Agar Tak Picu Kebakaran

  1. Penggunaan listrik yang kurang tepat

Nah, penggunaan listrik yang tidak tepat juga bisa jadi penyebab korslet. Seperti apabila banyak peralatan kelistrikan digunakan, tapi bebannya tidak sesuai. Hal ini bisa membuat sekring gampang jeglek. Apabila terus menerus terjadi, maka bisa menyebabkan alat elektronik rusak, pun sekring juga.

Selain itu, modifikasi listrik secara illegal juga jangan sampai dilakukan. Seperti melakukan pencurian penambahan daya, kemudian memodifikasi KWH meter listrik.

  1. Mendekatkan Arus listrik dengan cairan dan sumber panas

Penting diketahui, jangan sampai sumber listrik terkena cairan atau percikan cair. Hindarkan dari tempat cuci piring, dispenser air ataupun atap yang bocor terkena hujan.

Selain itu, jangan juga mendekatkan aliran listrik dengan sumber panas seperti kompor. Sebab kabel dengan mudah bisa tersambar api dan menyebabkan korsleting listrik.

Selain lima hal tersebut, alat listrik yang sudah tidak digunakan seharusnya dicopot. Apalagi jika ditinggal berpergian. Pastikan arus listrik dalam keadaan diputus atau tidak menyala, untuk menghindari adanya hal yang tak diinginkan. (may/ono)

Baca juga: Kebakaran di MAN Kota Pasuruan Diduga Disebabkan Korsleting Listrik