Rombongan Jemaah Haul Kiai Hamid Dari Luar Kota Akan Diarahkan ke Tiga Titik Ini

2309

Pasuruan (WartaBromo.com) – Polisi menyiapkan skema lalu lintas bagi jemaah Haul KH Abdul Hamid bin Abdullah Umar dari luar Kota Pasuruan. Ada tiga titik yang disiapkan sebagai lokasi pemberhentian.

Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Kamarudin membeberkan, tiga titik tersebut merupakan kantong parkir bagi rombongan jemaah luar kota.

Bagi jemaah luar kota yang masuk dari arah timur akan diarahkan ke Terminal Baru Blandongan. Jemaah yang masuk dari arah barat akan diarahkan ke lapangan di Kelurahan Karangketug. Kemudian yang masuk dari arah selatan akan diarahkan ke lapangan di wilayah Kelurahan Pohjentrek.

“Nanti yang masuk dari tol akan diarahkan ke tiga titik itu,” kata Kamarudin, Kamis (14/10/2021).

Menurut Kamarudin, tiga titik tersebut fokus untuk jemaah haul yang dari luar kota. Khususnya yang sifatnya rombongan dan menaiki kendaraan besar seperti bus dan elf.

Kemarin, Rabu (13/10/201), petugas yang terdiri dari gabungan polisi, TNI, dan Pemkot Pasuruan menggelar simulasi di Terminal Baru Blandongan.

Dalam simulasi tersebut, jemaah yang baru turun dari bus langsung dilakukan screening kesehatan seperti cek suhu tubuh lalu scan barcode peduli lindungi. Jemaah yang sama sekali belum vaksin akan diarahkan ke petugas kesehatan untuk disuntik vaksin.

Setelah melalui serangkaian screening tersebut, jemaah masuk ke ruang tunggu terminal. Di situ panitia sudah menyiapkan videotron yang menyiarkan langsung acara haul dari lokasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, haul KH Abdul Hamid akan dilaksanakan hari Sabtu (16/10/2021). Panitia haul menyebut, jemaah yang bisa masuk ke pusat lokasi yakni Pondok Salafiyah hanya jemaah yang memiliki undangan.

Sementara itu untuk jemaah lainnya bisa mengikuti acara haul di kecamatan dan kelurahan masing-masing. Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf mengatakan, pihaknya menyiapkan masjid di tiap-tiap kelurahan untuk menyiarkan haul secara virtual. (tof/may)