Pengadaan Kain Seragam Siswa Kota Pasuruan Disorot, Ada Pengkondisian?

2170
Ilustrasi seragam sekolah SD dan SMP.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pengadaan kain seragam sekolah untuk siswa Kota Pasuruan masuk proses lelang. Hanya saja, proyek dengan nilai total sekitar Rp9 miliar tersebut disorot, diyakini ada pengkondisian.

Dugaan itu diungkap oleh Junus Iljas, seorang tokoh masyarakat kepada sejumlah wartawan saat berada di sekitar warung Poncol Kota Pasuruan, pada Senin (18/10/2021).

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Pol PP Kota Pasuruan itu mengungkapkan, jika proses lelang pengadaan kain yang saat ini tengah berlangsung tersebut terdapat kejanggalan.

Hal utama yang menjadi perhatiannya adalah ketika mengetahui spesifikasi kain yang ditetapkan Dinas Pendidikan Kota Pasuruan ternyata harus berbahan dasar polyester (plastik).

“Pertanyaan mendasarnya, kenapa ada spek 100% polyester?” sergap Kaji Junus, panggilan akrabnya.

Dijelaskan, jika spek bahan kain polyester tersebut diperuntukkan pada kain bawahan. Dari sepengetahuannya, kain dengan ketentuan 100% polyester sangat sulit didapatkan di pasaran.
“Kain berbahan dasar 100% polyester. Terus kain jenis ini apa pantas dikasihkan ke anak-anak kita?!” lanjutnya keheranan.

Sehingga, dengan ketentuan terkait spek jenis kain yang dinilai aneh oleh Dinas Pendidikan Kota Pasuruan itu, ia menduga-duga ada permainan atau yang lumrah dipahami sebagai pengkondisian proyek. “Ya itu tadi, karena kain itu ndak ada di pasaran. Hanya pihak (pabrik tertentu) yang bisa memproduksi. Pastinya, perhatian saya semata untuk kepentingan warga dan dinas berhati-hati, tidak gegabah,” tandas Kaji Junus.

Diketahui, saat ini Pemerintah Kota Pasuruan membuka lelang pengadaan bahan kain untuk siswa SD dan SMP se-Kota Pasuruan dengan nilai total sekitar Rp9 miliar.
Ditinjau dari lpse.pasuruan.go.id program tersebut terbagi dalam empat pekerjaan, yakni :

  1. Pengadaan Bahan Kain Seragam Siswa SMP dan MTs (Pramuka) – Rp1.476.434.190,00;
  2. Pengadaan Bahan Kain Seragam Siswa SMP dan MTs (Putih-Biru) – Rp1.476.434.190,00;
  3. Pengadaan Bahan Kain Seragam Siswa SD dan MI (Pramuka) – Rp3.024.752.115,00;
  4. Pengadaan Bahan Kain Seragam Siswa SD dan MI (Putih-Merah) – Rp3.024.752.115,00.

Sementara itu, hingga berita ini disusun, WartaBromo.com masih mencoba mendapatkan konfirmasi berkenaan dengan dugaan pengkondisian pengadaan bahan kain untuk siswa Kota Pasuruan ini. (tof/ono)