3 Mitos Rambut Paling Familiar, Kamu Percaya?

5926

Pasuruan (WartaBromo.com) – Di Indonesia segala hal dalam kehidupan seolah tak lepas dari mitos. Termasuk mitos mengenai anggota badan yang salah satunya adalah rambut.

Bahkan, beberapa kepercayaan yang ada di Indonesia mengkaitkan rambut dengan berbagai ritual agama, tradisi, dan praktek mistis. Entah dipercaya atau tidak, mitos mengenai rambut sampai saat ini masih banyak didengar.

Dari sekian banyak mitos rambut, ada 3 yang paling familiar. Dinukil dari beberapa sumber ini diantaranya:

1. Wanita Potong Rambut Bisa Buang Sial

Mitos rambut ini pasti paling sering didengar, khususnya di kalangan wanita. Apabila seorang wanita tertimpa sial, pasti orang terdahulu akan menyarankan untuk segera memotong rambut, agar kesialan tidak mengikuti.

Baca Juga :   Beberapa Misteri Besar yang Tersembunyi di Dasar Samudera

Konon, mitos ini muncul dibawa oleh seorang pendatang dari India di jaman dahulu. Orang tersebut kemudian mewajibkan semua pedagang yang ada untuk memotong rambut guna menolak bala dagangan mereka.

2. Dilarang Cukur Rambut Malam-Malam

Siapa yang pernah dilarang cukur rambut di malam hari oleh orang tua? Pasti larangan tersebut muncul disertai kata-kata, “Jangan potong rambut malam hari, nanti bisa didatangi makhluk halus!.”

Nah, bagaimana mitos ini berkembang? Menurut sejarah, mitos mengenai larangan cukur rambut di malam hari ini datang dari kepercayaan masyarakat Bandung.

Mereka menganggap rambut adalah bagian tubuh yang sakral. Sehingga, apabila memotongnya di malam hari dianggap tabu dan bisa mendatangkan hantu.

Baca Juga :   Apa yang Dirasakan Orang Saat Mati Suri?

3. Sering Keramas Bisa Bikin Botak

Menurut mitos, mencuci rambut terlalu sering dapat menyababkan kerontokan yang mengakibatkan kebotakan. Lantas, benarkan demikian?

Faktanya, dalam dunia medis, kerontokan rambut bukan semata-mata disebabkan karena sering keramas. Melainkan dari faktor makanan dan jenis shampo yang digunakan.

Nah, dari mitos-mitos di atas, apakah bolo warmo masih percaya? (trj)