Tak Dapat Izin, Porkab Probolinggo Ditunda

846

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo yang direncanakan digelar pekan depan, ditunda. Even olahraga itu, terbentur PPKM level 3 yang disandang.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan, penundaan itu terjadi usai pihaknya bersama Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko bertemu Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi pada Selasa sore, 19 Oktober 2021.

Dalam pertemuan itu, Kapolres Probolinggo menegaskan bahwa Kabupaten Probolinggo berada pada Level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 tertanggal 18 Oktober. Maka setiap kegiatan yang mendatangkan massa dan berpotensi mendatangkan kerumunan, tidak diizinkan.

“Maka pelaksanaan Porkab 2021 ditunda. Untuk pelaksanaannya menunggu sampai Kabupaten Probolinggo masuk dalam level 2. Itu hasil koordinasi kami dengan Bapak Kapolres Probolinggo,” sebut Sugeng pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Baca Juga :   Pesilat Probolinggo Lurug Disporaparbud, Pertanyakan Uang Pembinaan Juara Porkab

Salah satu poin minus yang membuat Kabupaten Probolinggo berada di level 3, yakni ketercapaian vaksin.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 setempat, vaksinasi dosis pertama menyentuh angka 439,549 atau 49,4 persen dari 890,667 sasaran. Untuk dosis kedua, persentasenya malah lebih kecil, yakni 211,697 atau 23,8 persen dari total sasaran.

Sementara untuk vaksinasi lansia yang baru menyentuh angka 22.730 sasaran. Setara dengan 20,18 persen dari total sasaran sebanyak 112.618. Pada dosis kedua, vaksinasi baru menyasar 7.822 jiwa atau 6,95 persen.

“Kami berharap capaian vaksinasi terus naik, dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sehingga Kabupaten Probolinggo masuk ke level 2 PPKM dan Porkab dapat digelar tahun ini,” tandas mantan Camat Tongas itu.

Baca Juga :   Tatap Porprov, KONI Probolinggo Seleksi Atlet

Menurut Ketua KONI Kabupaten Probolinggo, gelaran Porkab sudah siap dilaksanakan. Baik dari sarana-prasarana, atlet dan pendukung lainnya. Adanya penundaan itu, membuat KONI harus menata ulang. Apalagi penundaan tersebut, merupakan yang kedua kalinya.

“Kami menghimbau kepada seluruh cabang olahraga dan atlit yang ada di Kabupaten Probolinggo, agar tetap semangat berlatih. Karena kalau kita tidak berlatih, tentu akan sulit untuk meraih prestasi,” katanya.

KONI, menurutnya, sangat mendukung upaya dari pemerintah daerah bersama TNI-POLRI dalam menanggulangi sebaran Covid-19. Seperti penegakan disiplin protokol kesehatan, maupun vaksinasi. Dimana bencana non alam itu, telah memporak-porandakan tatanan kehidupan yang ada.

“Kita harus adaktif dengan kebiasaan baru dalam menanggulangi Covid-19 ini. Tetap terapkan protokol kesehatan secara ketat dan terus mendukung program vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah,” tandas Sugeng Nufindarko. (saw/saw)