Warga Pasuruan-Probolinggo-Lumajang, Awas Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan!

5987

Lumajang (WartaBromo.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan bagi warga Pasuruan-Probolinggo-Lumajang. Warga diminta waspadai cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

BMKG Klas I Juanda mengeluarkan imbauan cuaca ekstrem selama 8-14 November 2021. Peringatan ini khusus untuk 38 kota/kabupaten di seluruh Jawa Timur.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada, dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca ekstrem,” terang Kepala BMKG Juanda, Taufiq Hermawan dilansir dari detikcom.

Ia kemudian mengungkapkan, selama sepekan ke depan, seluruh wilayah di Jawa Timur diprediksi mengalami hujan. Suhu udaranya yakni 14-35 derajat celcius, dengan kelembapan 50-100 persen.

Sementara untuk kecepatan angin yakni 05 – 40 km/jam, dari arah Tenggara ke Timur. “Dominan sepekan ke depan hujan ringan, dan berpotensi hujan lebat disertai petir di hampir keseluruhan wilayah Jatim,” tambah Taufiq.

Baca Juga :   Lincahnya Pencuri Pompa Air ini, Polsek Nguling Baru Bisa Menangkap setelah Sebulan Memburunya

Untuk itu, warga diminta melakukan penebangan pohon yang berpotensi berbahaya di sekitar tempat tinggalnya. Disamping juga membersihkan selokan supaya tak tersumbat. 

Sebab selama cuaca ekstrem, ada potensi berbagai bencana. Seperti banjir, longsor hingga angin kencang.

“Perubahan iklim ini bisa menyebabkan cuaca ekstrem, kami imbau warga untuk gotong royong bersama,” tandasnya. (may/ono)