Pilkades Probolinggo, Berkas 969 Pendaftar Diverifikasi

1243

Kraksaan (WartaBromo.com) – Sebanyak 969 warga catatkan diri sebagai bakal calon kepala desa (bacakades) di Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya, berkas para pendaftar itu diverifikasi, diteliti agar bisa ditetapkan sebagai calon dalam gelaran pilkades serentak kali ini.

Kabid Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Nur Rachmad Sholeh sebelumnya menjelaskan, jika 969 bacakades itu tersebar di 253 desa di 24 kecamatan.

Dari rekap awal pada Rabu, 10 November 2021, ada 924 bacakades di 23 kecamatan yang masuk. Kemudian 45 bacakades dari Kecamatan Gending menambah jumlah pendaftar.

Diungkapkan, dari ratusan desa yang menggelar pilkades, terdapat 6 desa yang memiliki 1 bacakades. Desa dengan seorang pendaftar itu adalah Desa Pondokkelor dan Randutatah, Kecamatan Paiton; Ngadisari dan Wonotoro, Kecamatan Sukapura; Sumberan, Kecamatan Besuk; dan Desa Tanjung, Kecamatan Pajarakan.

Baca Juga :   Insentif Nakes Covid-19 Di Kota Probolinggo Cair

“Total belum lengkap, sementara yang paling banyak Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, sama Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron. Ada 11 bacakades yang mendaftarkan diri,” terangnya.

Sehari setelah penutupan pendaftaran hingga selama 20 hari kerja, panitia pilkades mempunyai kewajiban untuk melakukan verifikasi dan klarifikasi berkas yang disetorkan bacakades.

“Mulai kemarin, tahapannya verifikasi berkas dan klarifikasi ke instansi-instansi terkait dilaksanakan. Tahapan ini akan berlangsung hingga tanggal 7 Desember nanti,” kata Rachmad menjelaskan. (cho/saw/ono)