Hoaks Jalur Bromo Amblas

1893

Sukapura (WartaBromo.com) – Sebuah video dengan narasi jalur Bromo amblas beredar di media sosial. Terkait informasi itu, Diskominfo Kabupaten Probolinggo melabelinya dengan hoaks.

Video menunjukkan ruas jalan amblas hingga membuat jalur berlubang dan menganga, beredar di media sosial tersebut berdurasi 43 detik. Pada video tertulis “Jalur Wisata Gunung Bromo Amblas”. Terdengar suara warga panik dan sejumlah pengendara yang akan melintas diminta putar balik.

Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian membantah ketika informasi jalan amblas itu dikonfirmasi kepadanya. Ia menyatakan jalur ke Bromo via Probolinggo dalam kondisi baik dan aman. Dengan tegas ia menyebut video itu merupakan informasi bohong atau hoaks.

“Saya ini lama bertugas di Sukapura. Sepanjang yang saya tahu, akses jalan tersebut (dalam video) bukan di wilayah Kabupaten Probolinggo. Sudah saya kroscek, kejadian di video itu tidak pernah terjadi di sini,” ungkap mantan Camat Sukapura itu.

Dari penelusuran WartaBromo, video serupa pernah viral pada Senin (15/11/2021). Dalam video yang beredar, hampir separuh dari badan jalan amblas. Berlokasi di wilayah Pejeng, Kabupaten Gianyar, Bali.
Menurut BPBD Kabupaten Gianyar, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.00 WITA paska genangan air hujan membuat tanah labil. Jalan amblas mengakibatkan putusnya aktivitas akses jalan menuju Desa Pejeng Kangin dan Pejeng Kelod. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. (saw/ono)