3 Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Lansia

2509
pantangan makanan lansia

Pasuruan (wartabromo.com) – Semakin menuanya usia, sistem metabolisme tubuh turut melambat. Oleh karena itu harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan dan harus menghindari segala bentuk makanan yang dipantang.

Bukan tanpa alasan, beberapa makanan memang harus dihindari agar orang lanjut usia tak mudah terserang penyakit. Dinukil dari halodoc.com, ini 3 pantangan makanannya:

1. Soda dan Minuman Manis

Siapapun pasti akan tergoda ketiga melihat soda dicampur es saat cuaca sedang panas dan haus. Tapi, sayangnya minuman semacam ini tak baik dikonsumsi oleh lansia, khususnya penderita prediabetes.

Kenapa? karena minuman manis dan soda dapat meningkatkan gula darah dan berisiko menimbulkan diabetes. Belum lagi, lansia yang kelebihan gula rentan terkena obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

2. Kafein

Lansia laki-laki pasti sangat suka menyeduh kopi, terutama di pagi hari. Tapi, tahukah bahwa kandungan kafein di dalam kopi bisa membuat jantung berdetak lebih cepat?

Nah, bagi lansia yang punya masalah jantung, sebaiknya hindari kopi berkafein tinggi. Tak hanya kopi, kafein juga terdapat pada makanan lain, seperti teh dan coklat.

3. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Minum susu memang baik untuk menjaga kesehatan tulang lansia, tapi tidak dengan susu yang taj melalui proses Dipasteurisasi. Kenapa? Sebab berisiko mengandung bakteri lebih tinggi.

Untuk menjaga tubuh tetap aman, sebaiknya minum susu yang dikhususkan untuk lansia. Pilihlah yang kandungan kalsiumnya tinggi dan rendah gula. (trj/may)