Ingin Anak Punya Otak Cerdas? Berikan Makanan Ini!

414
anak cerdas

Pasuruan (wartabromo.com) – Orang tua mana yang tak ingin anaknya cerdas? Untuk menunjang hal tersebut, berbagai upaya pasti dilakukan salah satunya dengan menjaga asupan makanan dan nutrisi yang diberikan.

Sebagaimana diketahui, makanan adalah salah satu hal yang bisa mempengaruhi tingkat kecerdasan otak. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus pintar-pintar memilah dan memilih makanan yang tepat.

Dinukil dari beberapa sumber, berikut makanan yang bisa menunjang kecerdasan otak anak:

1. Ikan dan Kerang-Kerangan

Makanan ini merupakan sumber asam lemak omega 3 dalam bentuk DHA dan EPA. Asam lemak omega 3 sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak.

Sebagaimana riset terbaru menunjukkan, orang yang memperoleh asupan asam lemak akan memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Jenis ikan laut yang mengandung DHA dan EPA yaitu salmon, tuna, sarden, makarel, tenggiri, dan kembung.

Nah, ikan segar berkualitas ternyata bisa dibeli di sini, lho!

2. Selai Kacang

Tahukah bahwa kacang tanah yang diolah jadi selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E? Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf.

Menurut ahli Teknologi Pangan dan Gizi di Indonesia, Prof Dr Ir Made Astawan, MS kacang-kacangan punya kualitas protein lebih tinggi. Sehingga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

“Kualitas protein kedelai lebih tinggi dibandingkan beras, jagung, dan terigu,” kata Astawan yang juga dikenal sebagai ‘Bapak Kedelai dan Tempe Indonesia’.

Ingin beli selai kacang? Klik di sini.

3. Gandum Murni

Ketika dalam usia pertumbuhan, otak anak membutuhkan asupan glukosa yang bersifat konstan. Nah, untuk memenuhi ini maka orang tua bisa memberikan gandum murni.

Serat dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Selain itu, gandum mengandung vitamin B yang bantu memelihara kesehatan sistem saraf.

Dapatkan gandum kualitas unggul di sini. (trj/may)