Sasa Inti Kian Gencar Kampanye “Ayo Cegah Stunting”

298

Probolinggo (wartabromo.com) –  PT Sasa Inti bersama Rotary International District 3410, dan Yayasan Cakrawala Kesehatan (F2H) menggelar pelatihan konseling pencegahan stunting bertema “Ayo Cegah Stunting” untuk mencegah dan memberantas stunting dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya kekurangan gizi pada anak.

Acara pelatihan diselenggarakan pada 23 sampai 24 November 2021 di aula pabrik PT. Sasa Inti di Jalan Raya Gending KM. 12, Krajan, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, ini diikuti oleh puluhan kader posyandu dan puskesmas.

Hadir sebagai pemateri pelatihan “Ayo Cegah Stunting” adalah dr. Lies Zakaria MARS dari Frontier for Health (F2H) dan Psikolog Kori Dyah M.Psi.

Dr. Lies Zakaria menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan meningkatkan kapasitas kader pendamping pencegahan stunting untuk pesan-pesan penting dan cara menyampaikannya melalui komunikasi efektif agar terjadi perubahan perilaku.

Menurut dia, metode ini berhasil membuat peserta tetap bersemangat selama dua hari mengikuti pelatihan.

“Selain peningkatan pengetahuan peserta juga melakukan praktik di kelas sebelum terjun mendampingi keluarga dengan risiko stunting di lapangan,” katanya.

Melalui pelatihan ini, dirinya berharap dapat bermanfaat untuk Kabupaten Probolinggo, khususnya Kecamatan Gending sehingga berhasil menurunkan angka stunting secepatnya.

Advisor ACS Rotary International D3410 atau District Governor D3410 Budi Soehardi menegaskan pihaknya sangat fokus untuk bersama dan bertindak menciptakan perubahan yang berkesinambungan, baik di dunia, di komunitas, maupun dalam diri sendiri.

“Pelatihan Ayo Cegah Stunting adalah kerja sama Rotary International dan PT Sasa Inti dengan kepedulian yang sama terhadap keluarga Indonesia, sebab ibu dan anak yg sehat dan cerdas, sumber daya yang mumpuni untuk masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Rida Atmiyanti selaku Head of Stakeholder Relation PT Sasa Inti mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh pemerintah dalam pemberantasan stunting terutama di masa pandemi COVID-19 dengan mengadakan pelatihan bagi kader posyandu dan puskesmas di Kabupaten Probolinggo mengenai pola makan dan pengasuhan anak.

“Kebahagiaan bisa tercipta jika kita memperolah asupan gizi yang cukup,” kata Rida.

Hal senada juga disampaikan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Probolinggo Sri Wahyu Utami SKM, MMRS, pihaknya mengapresiasi semua yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan pencegahan stunting di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan yang begitu luar biasa ini mampu memotivasi dan bekal buat kader stunting kami lebih semangat dalam turut serta berperan aktif dalam edukasi cegah stunting. Ilmu yang didapat kiranya bisa diaplikasikan ke masyarakat, kader cerdas cegah stunting,” ujarnya.

Setiap peserta pelatihan mendapat sertifikat dan bingkisan, serta bagi yang aktif memperoleh tas cantik dari penyelenggara.

Pelatihan dibuka oleh perwakilan PT Sasa Inti Bapak Thomas, Ibu Rozy Wiguna dari Rotary, perwakilan Dinas Kesehatan Ibu Sutilah, dan Ketua PKK Kecamatan Gending Ibu Dewi. (yog/yog)