Yuk, Kenali Ciri-Ciri Mesin Motor yang Diisi BBM Oplosan

889

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagai pengguna motor, haruslah hati-hati dalam memilih bahan bakar minyak (bbm). Pasalnya, dikhawatirkan BBM yang dibeli sudah dioplos.

Apabila motor diisi BBM oplosan, maka bisa menyebabkan kerusakan dini pada mesin. Dan kerusakan ini sering kali tak disadari oleh para pengguna motor.

Untuk menghindarinya, maka pemilik motor harus tahu ciri-ciri mesin motor yang sudah diisi BBM oplosan. Berikut dilansir dari beberapa sumber:

1. Suara Mesin Lebih Berisik

Ciri yang paling mudah dikenali apabila motor diisi BBM oplosan adalah suaranya lebih berisik dari biasanya. Tidak hanya itu, pada bagian piston, kepala silinder dan di sekeliling payung kelp pun akan mulai banyak kerak.

Baca Juga :   Yuk, Simak Tips Menghemat Bensin Motor

Apabila kerak tersebut dibiarkan dan tak segera dibersihkan, maka motor akan mengalami knocking alias suara berisik berlebihan. Serta, berpotensi membuat mesin motor cepat rusak.

2. Peforma Mesin Menurun

Ciri berikutnya, motor yang diisi bensin oplosan adalah performanya yang mendadak jadi loyo. Peforma yang menurun ini bisa jadi menyebabkan motor jadi sering mogok.

Tak hanya mogok, motor yang diisi BBM oplosan cenderung akan sering menghabiskan bahan bakar. Jika dibiarkan, motor bisa mengalami kerusakan parah.

3. Keluar Asap Gelap dari Knalpot

Ciri terakhir adalah motor akan mengeluarkan asap yang tebal dan warnanya gelap. Ciri ini juga seringkali diabaikan oleh para pengguna motor dan dianggap bahwa hal tersebut wajar terjadi.

Baca Juga :   Tips Mengurangi Rasa Takut Belajar Naik Motor Bagi Pemula

Padahal, ciri ini adalah ciri yang harus diwaspadai dan segera bawa motor ke bengkel. Ganti juga bahan bakar dengan BBM asli dari POM bensin agar kerusakan tak makin parah. (trj/may)