BPBD Kota Pasuruan Turunkan Damkar dan Logistik untuk Korban Erupsi Semeru

1505

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bantuan demi bantuan untuk mengurangi beban bagi korban erupsi gunung Semeru, terus berdatangan. Kali ini, bantuan juga dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan.

Minggu (5/12/2021) siang, sekitar pukul 11.00 WIB, sebagian personil BPBD dikumpulkan. Mereka mengecek kesiapan personil yang diberangkat ke Lumajang dan juga logistic yang harus mereka bawa.

“Ya, tadi malam sudah mendapat intruksi langsung dari Pak Walikota (Saifullah Yusuf). Sehingga, kami hari ini juga harus siap berangkat ke Lumajang,” tegas Samsul Hadi, Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi.

MENDATA: Personil BPPD Kota Pasuruan mendata logistik yang akan dibawa ke Lumajang

Beberapa persiapan sudah mereka catat. BPPD menerjunkan satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dengan kapasitas 5.000 liter air. Unit Damkar ini diperlukan, setelah pihaknya berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional dan BPBD kota/Kabupaten lainnya.

Baca Juga :   Belum Surut, Banjir Masih Menggenangi Sejumlah Wilayah di Kota Pasuruan

Mobil damkar diperlukan untuk membantu pembersihan lumpur pasca erupsi Semeru, Sabtu (4/12) lalu. Biasanya damkar juga terbukti efektif untuk membersihkan rumah penduduk akibat debu awan panas dari semburan gunung semeru.

“Mobil damkar sudah berangkat melewati Probolinggo sampai Lumajang. Sementara, logistic kami naikkan mobil double kabin untuk kita berangkat melalui daerah Dampit Malang. Kita bersama-sama dengan BPBD Kota dan Kabupaten lain disana,” tegasnya.

MANFAAT: Terpal, selimut dan logistik siap dibawa untuk korban erupsi gunung Semeru.

Selain damkar, beberapa perlengkapan dan logistic juga dikirimkan untuk korban erupsi semeru. Samsul merinci bahan-bahan yang dibawa ke Lumajang. Diantaranya, terpal sebanyak 10 lembar. Selimut 40 lembar. Masker 2.000 buah. Kasur lipat sebanyak 5 buah.

Juga ada sandang atau pakaian sebanyak 10 paket, dan juga makanan siap saji. “Mereka sepertinya butuh sekali makanan siap saji. Makanya kami langsung bawakan itu juga,” tegasnya.

Baca Juga :   Telan Anggaran Rp. 3,3 Miliar, Gedung Baru BPBD Kota Pasuruan Diresmikan

Menurut Samsul, bantuan BPPD Kota ini kemungkinan baru sementara. Sebab, sifatnya tanggap darurat. Artinya, bisa jadi pihak pemerintah daerah akan mengirimkan tambahan bantuan kembali ke Lumajang pada hari efektif (hari kerja).

Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf mengapresiasi kinerja BPPD Kota Pasuruan yang langsung tanggap dan sigap menghadapi bencana. “Ya, saya sudah mendapat laporan dari mereka. Dan mereka sudah berangkat ke Lumajang. Mudah-mudahan bisa mengurangi beban dari saudara-saudara kita yang menjadi korban erupsi gunung Semeru,” tutur Gus Ipul, panggilan akrabnya. (day/*)