Tetap Waspada! Semeru Masih Berpotensi Luncurkan Awan Panas

507

Candipuro (WartaBromo.com) – Gunung Semeru masih berpotensi meluncurkan guguran awan panas. Warga hingga Tim SAR diimbau tak mendekati aliran lahar Semeru.

Ini berdasarkan pengamanan Pusat Vulkanologi, Meteorologi dan Benana Geologi Gunung Sawur, di Desa Sumber Mujur, Candipuro, Lumajang.

“Aktivitas gunung semeru masih belum bisa dikatakan aman. Karena potensi awan panas masih ada. Data terakhir kita tadi masih ada awan panas,” ujar Liswanto, Kepala Pos Pantau Gunung Sawur.

Berdasarkan catatan, ada tiga kali guguran panas yang terjadi. Dua APG pada dini hari dan shubuh, kemudian satu APG pada pukul 10.10 WIB.

Dua awan panas guguran yang pertama dan kedua tidak terlihat, karena tertutup kabut. Sementara yang terakhir terlihat dan sempat membuat warga panik.

Baca Juga :   Koran Online 22 Juli : Bayi 13 Bulan Tak Tertolong Tercebur Timba saat Ibu Cuci Baju, hingga Muda Mudi Bermesraan depan Masjid Bikin Geregetan

“Himbauan kepada warga agar supaya warga dan masyarakat tingkatkan waspada. Karena guguran awan biasa terjadi sewaktu-waktu, tidak ada anomali,” tambahnya.

Tak hanya itu, Tim SAR dan relawan juga diminta untuk waspada dan berhati-hati. Sebab, potensi adanya lahar dingin juga bisa terjadi dan membawa material vulkanik. (lai/may/ono)