Ciptakan Keadilan Bagi Penyandang Disabilitas, Ini Komitmen Pemkot Pasuruan

1270

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Sosial menggelar Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan 2021, pada hari Selasa (07/12/2021).

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo membuka langsung acara tersebut. Ia mengatakan kegiatan ini dijadikan sebagai momentum untuk terus berkomitmen memberikan rasa kesetaraan yang adil bagi semua penyandang disabilitas.

“Tugas kita sebagai pemimpin memberi rasa kesetaraan dan keadilan kepada seluruh penyandang disabilitas di Kota Pasuruan,” kata Mas Adi saat menyampaikan sambutannya di Valencia Bakery Cafe & Resto, Kota Pasuruan.

Dijelaskannya, perihal mewujudkan kesejahteraan para penyandang disabilitas, pihaknya berupaya menjunjung tinggi hak dan kewajiban mereka. Sehingga, penyandang disabilitas bisa memperoleh kesempatan yang sama dalam mendapatkan fasilitas publik di lingkup sosial.

Baca Juga :   Giliran PKK Bugul Kidul dan Panggungrejo Dapat Sosialisasi Cukai

Bahkan demi mendukung hal tersebut, pihak Kementrian Sosial telah memberlalukan tiga kebijakan. Pertama, kebijakan pengumpulan dan harmonisasi data penyandang disabilitas lintas sektoral.

Kedua, kebijakan pelibatan penyandang disabilitas dalam proses perencanaan dan penganggaran inklusif, serta yang ketiga perluasan jangkauan layanan yang terintegritas dan komprehensif berbasis keluarga dan masyarakat.

“Penyandang disabilitas memiliki keterbatasan dalam melakukan segala aktivitasnya. Namun, kita Pemerintah Kota Pasuruan dan juga pemangku kepentingan akan memberlakukan kebijakan Kemensos agar para disabel mendapatkan kesempatan dan keadilan yang sama,” tutur Mas Adi.

Tak hanya sekedar peringatan, Hari Disabilitas ini juga dijadikan momentum untuk mengembangkan wawasan masyarakat. Utamanya, terkait persoalan kehidupan para difabel dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraan.

Baca Juga :   TPU di Kota Pasuruan Jadi Alternatif Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

Lebih lanjut ia berharap, peringatan Hari Disabilitas dapat menggugah kesadaran sesama dan mampu memegang rasa kesetiakawanan sosial. Serta, bisa menciptakan semangat gotong royong perihal memberikan kesetaraan bagi disabel.

“Saya mengharapkan, kiranya peringatan hari disabilitas ini dapat menggugah kesadaran kita bersama untuk menerapkan rasa kesetiakawanan sosial, peduli, berbagi dan gotong royong untuk memberikan kesataraan dan kesempatan bagi disabel,” pungkasnya.

Sebagai informasi, hadir pula Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Wakil Ketua I Kota Pasuruan, Wakil Ketua II Kota Pasuruan, Asisten Pemerintahan dan Kesra serta Kepala Perangkat Daerah terkait. (trj/**)