Viral Video Ambil Bantuan Erupsi Semeru Dipersulit, Begini Penjelasannya

1345

Lumajang (WartaBromo.com) – Sebuah video soal korban erupsi Semeru yang kesulitan meminta untuk mendapatkan bantuan ke posko, viral di media sosial. Pemkab Lumajang pun buka suara terkait hal ini.

Dalam video tersebut terlihat seorang wanita yang komplain terkait susahnya meminta untuk distribusi bantuan. Sebuah narasi juga ditulis, jika ada oknum yang mempersulit pengambilan bantuan di posko.

“Betul bantuan di beberapa tempat masih belum terpilah, kami akan terus melakukan evaluasi, melakukan langkah-langkah, kita tata kembali, termasuk tempat untuk gudang bantuan,” terang Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat dimintai konfirmasi di Posko Darurat, Kantor Kecamatan Pasirian, Rabu (8/12).

Dikatakan kemudian, untuk meminta distribusi bantuan per posko, relawan atau petugas harus didampingi oleh perangkat desa setempat. Mereka harus menuliskan list, kebutuhan apa saja yang diperlukan di posko. Kemudian diberikan stempel atau tanda resmi jika kebutuhan itu benar adanya

Baca Juga :   Tiket Masuk ke Bromo & Semeru Naik

Hal ini dilakukan, supaya bantuan bisa disalurkan dengan tepat sasaran. Sebab, sebelumnya ada oknum yang sempat memanfaatkan situasi. Si oknum meminta ratusan paket sembako, tanpa diketahui peruntukannya.

Waktu itu, petugas kemudian menanyakan perihal permintaan bantuan ke perangkat desa setempat. Hasilnya, tidak ada permintaan sembako yang dimaksud, sebagaimana diminta si oknum sebelumnya.

Untuk diketahui, posko bantuan erupsi Gunung Semeru saat ini berada di Pendopo Arya Wiraraja dan GOR Wirabhakti Lumajang. Sebelum disalurkan, bantuan ini dipacking terlebih dahulu dan dikelompokkan sesuai peruntukan. (rul/may/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.