Korban Erupsi Semeru Ngungsi ke Probolinggo

731

Probolinggo (WartaBromo.com) – Tercatat, 11 warga Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang mengungsi ke Kabupaten Probolinggo. Itu karena tempat tinggal mereka rusak diterjang erupsi Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Korban bencana erupsi Semeru itu saat ini berada di Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces. Pemerintah desa mencatat ada 11 warga dari Lumajang mengungsi. Di antara jumlah korban itu merupakan warga Kampung Renteng yakni Asan alias Gupat (75), Kaharudin (40), Rohmatul Baidah (24) dan Semi (40).

Kemudian 7 orang lainnya berasal dari Kampung Kamar Kajang, yaitu Elyana (29), Riyati (30), dan Mas Bud (33). Empat anak-anak yakni Maulidiya Putri (10), Mahfiyana (6), Malik (5), dan Meila Aulia Silvi (8).

Baca Juga :   Desa Andung Biru Tanpa Tenaga Medis

“Mereka adalah benar-benar warga terdampak erupsi Gunung Semeru dan sekarang tinggal di Dusun Embong Cangka, RT 015 RW 04 Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces,” terang Napon, Pj. Kepala Desa Malasan Kulon, pada Kamis, 9 Desember 2021.

Korban bencana alam ini tinggal di rumah Sugianto (50), sopir truk pasir. Mengungsi ke Probolinggo sejak Minggu (5/12/2021) sore. “Semula kami ke rumah Semi, tapi kemudian juga dilanda lahar. Sehingga kami kemudian ke sini, rumah teman,” kata Kaharudin, pengungsi asal Kampung Renteng.

Sugianto mengaku keluarga tersebut sudah dikenal lama. Sopir truk pengangkut pasir tersebut, sering berinteraksi dengan mereka. Ketika ada musibah, ia pun mengajak keluarga asal Sumber Wuluh itu, tinggal di rumahnya.

Baca Juga :   Tersangka Tanam Ganja di Lereng Bromo: Bibit dari Lumajang

“Karena keprihatinan dan kedekatan saya terhadap keluarga ini, kemudian saya menawari mereka tinggal di rumah saya, sembari menunggu situasi hingga aman,” tuturnya.

Keluarga tersebut, kata Sugianto, masih menunggu kabar 4 orang lainnya. Dari 7 anggota keluarga, 3 sudah ditemukan meninggal dunia. Meski trauma, keluarga tersebut optimis 4 familinya ditemukan.

“Alhamdulillah setelah tahu ada pengungsi asal Lumajang, sejak semalam sudah ada bantuan yang datang. Meski masih trauma dan tidur harus berbagi tempat, mereka dalam kondisi sehat,” ungkapnya.

Rencananya PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo akan menyalurkan bantuan bagi pengungsi tersebut. Bantuan itu, diantarkan bersamaan dengan bantuan yang akan dikirim ke Lumajang.

“InsyaAllah, besok kami mampir ke mereka. Dan kami harap informasi seperti ini, bisa didengar oleh para donatur. Sehingga mereka yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru sama-sama mendapat perhatian,” ungkap Ketua PC GP Ansor setempat, M. Munir. (saw/ono)