Longsor di Sawiran, BPBD : Tidak Besar

776

Purwodadi (WartaBromo.com) – Akibat Hujan mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan, Selasa (14/12/2021) sore, sebuah tebing di Kecamatan Purwodadi akses menuju kawasan Bromo, longsor.

Peristiwa tersebut terjadi tepatnya di Dusun Sawiran, Desa Dawuhan Sengon, Kecamatan Purwodadi sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB.
Dalam video yang didapat WartaBromo, tampak tebing tersebut longsor dan tanahnya memenuhi jalan arah ke Kecamatan Tutur.

Longsoran tanah ini rupanya cukup mengganggu lalu lintas di lokasi.

Tampak sejumlah kendaraan mulai sepeda motor sampai truk harus berhenti. Beberapa warga tampak berupaya melakukan pembersihan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris membenarkan peristiwa tersebut. Ia menyebut peristiwa longsor di Purwodadi itu tidak begitu besar.

Baca Juga :   Ada Longsor di Sawiran - Tutur, Jalan Sempat Macet Total

“Tidak besar. Bisa dibersihkan manual oleh masyarakat,” ujar Harris.

Saat ini, kata Harris, di lokasi sudah bersih dari longsoran dan arus lalu lintas kembali lancar. Ia mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati di musim hujan seperti ini.

“Kita siaga untuk penanganan. Kalau besar ya harus pakai alat berat. Kalau bisa dibersihkan dengan cara manual, ya dengan manual,” imbuh Harris. (tof/yog)