Gus Ipul Minta TPU di Kota Pasuruan Dikelola dengan Baik dan Dipercantik

1008

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), meminta tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Pasuruan dikelola dengan baik. Tak hanya itu, ia juga menginginkan TPU dipercantik.

Gus Ipul menyebut, saat ini ada satu TPU yang sudah dijadikan percontohan yakni di Kecamatan Bugul Kidul. Jika satu model ini bisa berjalan dengan baik, diharapkan bisa ditularkan TPU lainnya.

Saat ini di Kota Pasuruan menyediakan lahan 25 hektar untuk delapan TPU dan yang sudah terpakai 14 hektar atau 70 persen dari total yang disediakan.

“Mulai sekarang makam harus dikelola dengan baik,” kata Gus Ipul.

Ia meminta agar fasilitas dan infrastruktur makam ditingkatkan seperti fasilitas toilet, tempat duduk untuk penziarah, kemudian pagar, lampu diperbaiki, agar makam terlihat nyaman dan jauh dari kesan menakutkan.

Baca Juga :   Polisi Cari Tanda-Tanda Kekerasan pada Tubuh Pria yang Ditemukan di Sungai Bajangan

Tak hanya itu, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur berharap tempat pemakaman bisa dipercantik seperti makam-makam yang ada di taman makam pahlawan.

Tahun ini, lanjut Gus Ipul, pemkot menganggarkan di PAK untuk satu TPU Bugul Kidul sebagai percontohan. Nantinya akan diukur bagaimana progres TPU Bugul Kidul dan selanjutnya tahun depan bakal dianggarkan penuh.

“Tahun depan insyaallah akan kita dukung. Yang penting sekarang perencanaan dulu. Bahkan saya sudah minta Bu Mita bagaimana agar ada layanan digital juga,” pungkas Gus Ipul. (tof/**)

Simak videonya: