Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba yang Sering Diabaikan

717

Pasuruan (wartabromo.com) – Punya mobil yang sering mogok tiba-tiba tentu sering membuat jengkel. Pasalnya, kendaraan roda empat tersebut menjadi salah satu transportasi yang diandalkan untuk bepergian dengan berbagai kepentingan.

Tak cuma kehabisan bensin, ada banyak hal yang menyebabkan mobil mogok. Beberapa diantaranya sering kali diabaikan oleh pemiliknya.

Dinukil dari beberapa sumber, ini penyebab lainnya:

1. Alternator Bermasalah

Kerusakan atau permasalahan pada alternator bisa jadi pemicu mobil mogok tiba-tiba. Alternator memiliki peran penting karena berfungsi sebagai penyuplai listrik atau penyalur listrik ke bagian aki mobil.

Tedengar sepele, kompenen mobil satu ini sering diabaikan pengendara mobil karena dianggap tak terlalu bermasalah. Padahal, jika penyuplainya rusak, tentu aki tidak dapat digunakan dan mesin mobil tidak akan menyala.

Baca Juga :   Selain Jas Hujan, Barang Ini Harus Ada di Bagasi Motor

2. Filter Bahan Bakar Tersumbat

Tak cuma kehabisan bensin, filter bahan bakar yang tersumbat juga bisa jadi pemicu mobil mogok tiba-tiba. Hal ini umumnya terjadi saat proses menambahkan bensin.

Tangki gas bisa terkontaminasi pada saat itu. Akhirnya penyumbatan muncul sehingga membuat aliran bensin menjadi tersendat ke dalam tangki mobil.

3. Overheat

Apabila berencana bepergian jauh, ada baiknya untuk mengecek air radiator mobil lebih dahulu. Sebab, air radiator yang kurang atau habis berpotensi membuat mesin mobil mati tiba-tiba saat digunakan.

Apabila ini terjadi dan dibiarkan, maka piston mobil akan bermasalah karena tak mendapat pendinginan cukup dari mesin mobil. Sehingga, piston kendaraan yang meleleh bisa membuat mesin mobil terhenti. (trj/may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.