Gaji Kecil tapi Biaya Hidup Terus Naik? Begini Cara Mensiasatinya

1123

Pasuruan (wartabromo.com) – Banyak orang beranggapan gaji kecil sulit digunakan untuk mengatur keuangan. Belum lagi biaya hidup semakin tahun terus naik.

Padahal, besar atau kecilnya nominal gaji tidak mempengaruhi pemenuhan kebutuhan akan biaya hidup. Semua itu tergantung dari bagaimana cara mensiasatinya.

Lantas, bagaimana cara mensiasati gaji kecil di tengah kebutuhan hidup yang terus melunjak? Dinukil dari kompas.com, begini caranya:

1. Perbarui Rencana Anggaran

Cara awal yang bisa dilakukan adalah dengan memperbarui rencana anggaran. Cara ini bahkan sangat simpel dan mudah.

Mula-mula, buatlah pengeluaran dengan harga terbaru. Pada tahap ini Bolo bisa mendahulukan kebutuhan yang utama dan tunda dulu membeli sesuatu yang tak terlalu penting.

Baca Juga :   Batasi Aktivitas di Luar, Ini Stok Makanan yang Harus Disiapkan

2. Kontrol Keinginan

Berikutnya, usahakan untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan dalam hidup. Dengan gaji yang kecil, kesampingkan ego membeli barang-barang yang hanya sekedar diinginkan.

Bagaimana cara mengetahui barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya diinginkan? Adalah dengan mempertimbangkan tingkat pentingnya barang tersebut dan alasan mengapa harus dibeli.

3. Lebih Banyak Lakukan Aktivitas di Rumah

Dengan gaji kecil, sebaiknya sadar untuk tidak terlalu sering keluar rumah tanpa urusan penting. Pasalnya, hal tersebut akan menguras keuangan.

Apabila butuh jalan-jalan, sebaiknya agendakan dengan cermat. Misalnya, pergi berlibur untuk refreshing setiap satu bulan sekali atau dua minggu sekali. (trj/may)