Tips Agar Tidak Gugup Saat Ijab Qobul

574

Pasuruan (wartabromo.com) – Hampir setiap laki-laki merasa gugup saat mengucapkan ijab qobul. Perasaan tersebut muncul karena berbagai hal, misalnya takut salah atau takut lupa menyebutkan uraian kata-katanya.

Meski terlihat mudah dan sederhana, nyatanya mengucapkan ijab qobul butuh nyali kuat. Berbagai persiapan matang harus dilakukan agar sekali ucap, ijab qobul bisa lancar tanpa harus mengulang.

Nah, bagi Bolo yang akan menikah, dilansir dari berbagai sumber, ada tips yang bisa dilakukan agar tidak gugup saat mengucapkan ijab qobul. Apa saja?

Simak, yuk!

1. Hafalkan Kalimat Ijab Qobul Jauh-Jauh Hari

Tips pertama adalah hafalkan kalimat ijab qobul jauh-jauh hari. Agar cepat hafal, Bolo bisa menuliskannya di kertas dan tempelkan di beberapa tempat yang mudah dijangkau mata.

Baca Juga :   Efek Buruk Tinggal Bersama Orang Tua Pasca Menikah

Sesering mungkin baca sampai benar-benar hafal. Selain itu, Bolo juga bisa menyempatkan waktu untuk menghafal sebelum tidur. Ucapkan kalimat ijab qobul sebanyak 3 kali dan tidurlah, ulangi sampai detik-detik pernikahan mendekati.

2. Makanlah Sebelum Acara

Kebanyakan orang malah tidak mau makan menjelang hari pernikahannya. Sebab merasa gugup dan takut. Padahal, mengisi perut sebelum acara sangat membantu mengurangi rasa gugup saat mengucapkan ijab qobul.

Apabila tidak selera makan, maka usahakan perut terisi. Baik selembar roti dan segelas susu atau makan makanan ringan yang mengenyangkan, agar tubuh tidak lemas dan gemetar.

3. Jangan Hiraukan Perkataan Negatif dari Orang

Tak sedikit orang mewanti-wanti agar calon mempelai pria tidak salah mengucapkan ijab qobul lebih dari 3 kali. Pasalnya, bila salah lebih dari 3 kali maka pernikahan terancam tidak langgeng.

Baca Juga :   Meningkat, 72 Pasangan Anak di Pasuruan Ajukan Dispensasi Kawin

Nah, disarankan jangan menghiraukan perkataan semacam itu. Terlepas benar atau tidaknya, berusahalah yakin pada diri sendiri bahwa semua pasti bisa baik-baik saja. Jangan lupa berdoa pada Tuhan dan mintalah kelapangan restu orang tua. (trj/may)

Baca juga: Ijab Qobul Salah Lebih dari 3 Kali Bisa Sebabkan Perceraian, Benarkah?