Pasuruan Dilanda Banjir Parah, BPBD Ungkap Ini Penyebabnya

4959
Sejumlah bocah di Kedawung Kulon bermain di genangan banjir, Selasa (18/1/2022). Foto: Asad Asnawi.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banjir melanda sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan, dalam beberapa hari terakhir. Berbeda dengan sebelumnya, banjir yang terjadi kali ini terbilang lebih parah dari sebelum-sebelumnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Ridwan Haris tak menampik hal itu. “Kalau ketinggian airnya, memang lebih parah dari sebelumnya,” ungkapnya.

Menurut Haris, tingginya banjir yang menggenang salah satunya disebabkan kondisi air laut yang tengah pasang. “Kebetulan saat ini tengah puncak-puncanknya air pasang,” lanjutnya.

Haris menjelaskan, di beberapa lokasi, banjir yang terjadi mulai surut. Seperti Dusun Kebrukan di Desa Kedawung Kulon atau Bandaran, Winongan.

Namun demikian, di beberapa tempat, genangan banjir masih relatif tinggi. Di antaranya di Rejoso Lor, dan Patuguran, yang disebutnya sebagai lokasi terakhir laju banjir.

Baca Juga :   Longsor di Tutur, Warga dan 4 Sapi Tertimbun Material

Seperti diketahui, banjir melanda sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan sejak Senin (17/1/2022) lalu. Kecamatan Grati dan Rejoso menjadi lokasi terparah banjir kali ini dengan ketinggan air mencapai dua meter. (asd)