Dihantam Puting Beliung, 49 Rumah Rusak di 6 Kecamatan

1080

Probolinggo (WartaBromo) – Sebanyak 49 rumah di Kabupaten Probolinggo rusak akibat puting beliung pada Selasa, 25 Januari 2022. Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa itu.

Data Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo menyebutkan, puting beliung pada Selasa petang terjadi di 6 kecamatan. Yakni Kecamatan Tongas, Sumberasih, Dringu, Banyuanyar, Maron dan Kotaanyar.

Untuk kerusakan rumah, dilaporkan mencapai 49 unit. Yakni di 12 rumah di Desa Banyuanyar Tengah, 14 rumah di Banyuanyar Kidul dan 10 rumah di Desa Blado Wetan, Kecamatan Banyuanyar. Kemudian 11 rumah di Dusun Klompang Desa SSambirampak Lor, Kecamatan Kotaanyar. Serta Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu dan Desa Suko, Kecamatan Maron masing-masing 1 unit.

Baca Juga :   Viral! Sambil Menangis, Siswa TK Permata Datangi Sekolahan di Tengah Malam

“Akan diupdate terus. Karena masih proses assessment. Petugas masih di lapangan, berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan untuk langkah lanjutan,” sebut Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo, Aris Setyawan pada Rabu, 26 Januari 2022.

Selain kerusakan rumah yang bervariasi, sejumlah pohon dilaporkan tumbang dan menganggu akses jalan di 11 desa. “Untuk pohon tumbang menutup sebagian akses jalan, sudah dibersihkan oleh warga masyarakat dan relawan,” ujar pria asal Kecamatan Lumbang itu.

Seperti di Desa Blado Wetan, Kecamatan Banyuanyar. Dimana sejumlah anggota Banser Satkorcab Ansor Kota Kraksaan bersama Kodim 0820 Probolinggo berkolaborasi membersihkan dampak puting beliung. Memotong sejumlah pohon tumbang yang mengenai rumah warga.

Baca Juga :   Bromo Diduga Sengaja Dibakar

“Kami mengerahkan sejumlah anggota Banser untuk kerja bakti. Bergotongroyong dengan warga dan TNI membersihkan pohon yang tumbang,” kata Ketua PAC GP Ansor Banyuanyar. (lai/saw)