Tak Cuma Untuk Pijat, Ini Manfaat Lain Minyak Tawon

1293

Pasuruan (wartabromo.com) – Minyak cap Tawon atau sering disebut minyak tawon selama ini dikenal sebagai minyak oles untuk pijat. Tapi tahukah Bolo kalau minyak satu ini tak punya manfaat lain selain untuk pijat?

Dilansir dari liputan6.com, salah satu minyak esensial asli Indonesia ini diproduksi oleh PT Tawon Jaya Makassar dan telah bertahan dari tahun ke tahun. Mulanya, minyak tawon terkenal untuk pijat, namun makin lama banyak yang memanfaatkannya untuk hal lain.

Nah, selain untuk pijat apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari minyak tawon?

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Minyak tawon mengandung ekstrak minyak kayu putih dan rempah-rempah yang bisa memberikan sensasi hangat saat dioles. Nah, rasa hangat tersebut dapat melancarkan sirkulasi darah, mengatasi capek dan pegal-pegal.

Baca Juga :   Gerakan Sederhana yang Bisa Redakan Pegal di Jari Tangan

Kok bisa? Sebab minyak kayu putih atau eucalyptus mengandung banyak senyawa anti-inflamasi, seperti cineole dan limonene, yang dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

2. Meredakan Bengkak dan Lebam

Kandungan lain yang terdapat dalam minyak tawon adalah kunyit, yang mengandung ekstrak curcumin. Rempah satu ini dapat mengatasi peradangan pada kulit dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Tak heran jika banyak orang tua yang mengobati anaknya dengan minyak tawon ketika terjatuh atau terbentur benda keras. Proses penyembuhannya pun terbilang cepat dan sangat efektif.

3. Melegakan Pernapasan

Kandungan minyak kayu putih di dalam minyak tawon dapat membantu melegakan pernapasan saat terserang flu atau pilek. Minyak kayu putih dapat menenangkan hidung tersumbat dan membuka saluran pernapasan di hidung.

Baca Juga :   Gerakan Sederhana yang Bisa Redakan Pegal di Jari Tangan

Menurut sebuah penelitian, kandungan minyak kayu putih dalam minyak tawon juga bersifat aromaterapi, yang berasal dari cajuput oil. Sehingga, bisa membantu orang yang susah nafas karena pilek. (trj/may)