Cerita Setiyono usai Bebas: Jadi Takmir di Lapas hingga Bertemu Tiga Mantan Bupati

3660
Mantan Wali Kota Pasuruan, Setiyono seusai bebas dari rutan. Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Per hari ini, Senin (07/03/2022), eks Wali Kota Pasuruan, Setiyono, bebas. Ia pun bercerita pengalamannya saat OTT sampai hidup di tahanan.

Baca: Mantan Wali Kota Pasuruan Setiyono Bebas dari Lapas

Siang ini rumah Setiyono yang terletak di Jalan Margo Utomo, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, ramai didatangi teman-teman dan kerabatnya.

Kepada WartaBromo, Setiyono menceritakan peristiwa yang dialaminya pada 5 Oktober 2018 silam. Ia mengaku saat itu ia baru saja baru selesai mandi pagi.

“Orang bangun tidur kok di-OTT. Saya baru mandi, ambil handuk waktu itu. Terus apanya di-OTT, handuknya itu?” kata Setiyono.

Usai ditangkap, Setiyono pun diperiksa hingga kemudian ditetapkan sebagai tersangka dalam korupsi proyek pembangunan PLUT KUMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pasuruan.

Baca Juga :   Walikota Pasuruan : Tidak Ada Istilah 100 Hari Kerja

Dalam putusan tingkat pertama, Setiyono dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Tipikor, Surabaya, dan divonis 6 tahun pidana penjara. Setiyono lantas mengajukan banding, namun hasilnya nihil. Putusan Pengadilan Tinggi Jawa Timur justru menguatkan putusan tingkat pertama.

Barulah ketika bermohon kasasi ke MA, Setiyono mendapatkan angin segar. MA mengabulkan permohonan kasasi Setiyono.

Dalam putusan kasasi, hukuman Setiyono berkurang menjadi 3,6 tahun dan tak hanya itu, besaran uang pengganti yang harus dibayar Setiyono juga berkurang. Dari Rp2,2 miliar menjadi Rp727 juta.

Setiyono pun ditahan di Lapas Porong. Selama di dalam tahanan, Setiyono mengaku lebih banyak menghabiskan waktu di tempat ibadah. Ia bahkan menjadi takmir masjid di lapas.

Baca Juga :   Serobot Tanah Kas Desa, Kejari Tahan Pengusaha Bengkel di Warungdowo

“Saya di penjara jadi takmir masjid. Saya memang di masjid terus,” kata Setiyono.

Di lapas itu, Setiyono menceritakan juga berkumpul bersama beberapa kepala daerah lain yang terjerat kasus korupsi. Seperti mantan Bupati Malang, Rendra Kresna; mantan Bupati Sidoarjo, Saifullah; mantan Bupati Nganjuk, Taufiqurrahman.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada siang ini, rumah Setiyono dipenuhi teman, sahabat, kerabatnya. Sejumlah ASN Pemkot Pasuruan dan politisi Golkar juga tampak hadir di sana. Mereka bersilaturahmi atas kepulangan Setiyono. (tof/asd)