Hujan Semalaman, Permukiman Ini Kembali Direndam Banjir Semeter

6836
Beberapa petugas berusaha menyisir warga di Rujak Gadung, Kelurahan Karangketug usai banjir merendam permukiman setempat, Senin (28/3/2022). Foto: BPBD Kota Pasuruan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sungai Welang yang mengalir di batas  Kota-Kabupaten Pasuruan meluap akibat hujan deras sejak Senin (28/03/2022) sore. Pemukiman dan jalur pantura terendam banjir.

Pemukiman yang terendam banjir adalah Lingkungan Rujak Gadung, Kelurahan Karangketug, Kota Pasuruan, yang letaknya memang tak jauh dari Sungai Welang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengatakan, Sungai Welang mulai meluap pada malam hari sekitar pukul 23.00.

“Ketinggian air mencapai 1 meter,” kata Samsul kepada WartaBromo.

Tak hanya pemukiman, air dari Sungai Welang juga menggenangi jalur pantura di wilayah Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Lalu lintas pun macet. Sejumlah pengguna jalan ada yang memilih putar balik, ada juga yang nekat menerobos banjir.

Baca Juga :   Atasi Banjir di Perum GCA Gempol, Pemkab Sediakan Pompa Air

Selain Sungai Welang, per dini hari ini, Sungai Petung diketahui juga mulai meluap ke jembatan bukwedi, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Menurut Samsul, petugas BPBD hingga dini hari ini masih memantau perkembangan banjir. Rencananya, pagi nanti pihaknya akan mendisitribusikan air bersih dan nasi bungkus untuk warga yang terdampak banjir di Karangketug.

“Petugas masih di lokasi memantau kenaikan debit sungai. Pagi nanti kami akan distribusi bantuan ke warga terdampak banjir,” imbuh Samsul. (tof/asd)