Bangkitkan Ekonomi dengan Material Lahar Dingin, Penyintas Erupsi Semeru Bikin Batako

1112

Candipuro (Wartabromo.com) – Warga di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro mulai bangkit pasca erupsi Gunung Semeru. Dengan memanfaatkan material pasir yang menimbun rumah dan pemukimannya, korban erupsi Semeru buat batako.

Warga yang mulai membersihkan rumahnya dari material sisa lahar dingin tidak serta merta membuang material pasir. Mereka justru memanfaatkan pasir untuk memproduksi bahan bangunan seperti batako dan paving.

Sekretaris Kecamatan Candipuro, Abdul Aziz saat dikonfirmasi mengatakan ada satu kelompok warga yang memproduksi batako dan paving dari material pasir lahar dingin yang menumpuk di rumahnya.

“Ada, 1 kelompok, mungkin 2 atau 3 KK,” terangnya, Jum’at (1/4).

Sementara salah satu relawan Semeru, Sukaryo mengatakan bahwa produksi tersebut dilakukan untuk kembali membangkitkan perekonomian masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Sekaligus juga membersihkan material yang menumpuk.

“Untuk memulihkan ekonomi masyarakat kita bisa bantu untuk membeli produk asli semeru yaitu berupa batako,” ungkapnya.

Ia pun mengajak masyarakat luas untuk membeli produk hasil dari material lahar dingin Gunung Semeru.

“Dikerjakan dengan harapan perekonomian mereka bisa kembali, yuk kita bantu masyarakat terdampak dengan cara kita beli hasil produk mereka,” ujarnya.

Masyarakat yang berniat membeli, bisa langsung datang ke sekitar jalan Nasional dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang ya! (rul/may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.