Inilah Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan

607

Pasuruan (wartabromo.com) – Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan tidak cuma mendapatkan pahala saja. Melainkan ada banyak keutamaan yang didapatkan bila melakukannya dengan ikhlas.

Dilansir dari tribunnews.com, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-quran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya.“.

Lantas, apa saja keutamaan lain membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan? Ini dia!

1. Menyembuhkan Penyakit Hati dan Fisik

Menurut imam besar ahlussunnah wal jama’ah, Ibnu Qayyim al-Jauziyah membaca Alquran di bulan Ramadan dapat mengobati penyakit jasmani dan rohani seseorang. Dimana Al-Qur’an memang diturunkan sebagai As-Syifa (obat).

Baca Juga :   Begini Cara Agar Mulut Tidak Bau Saat Puasa

Allah swt pun berfirman dalam Qs. Al-Israa’ ayat 82 yang artinya “Dan Kami turunkan di dalam Alquran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

2. Rumah Menjadi Bercahaya

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan berikutnya adalah bisa menjadikan rumah menjadi bercahaya. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati.

3. Memberi Syafaat di Akhirat Kelak

Dengan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan, maka Allah akan menjadikan bacaan Qur’an tersebut sebagai syafaat (penolong) di akhirat. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, artinya:

Baca Juga :   Salah Kaprah Tadarus dan Tarawih

Bacalah bait Alquran, karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,” (HR. Tirmidzi). (trj/may)