Sempat Ditiadakan, Tradisi Praonan dan Skilot di Pasuruan Kembali Digelar Besok

675

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sempat dihentikan akibat pandemi, tradisi praonan masyarakat pesisir Pasuruan akan kembali digelar tahun ini. Acara tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan besok, Senin (09/04/2022).

Di Kota Pasuruan, praonan akan digelar di dua kelurahan. Yakni Kelurahan Ngemplakrejo dan Kelurahan Panggungrejo.

Lurah Panggungrejo, Zakir mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan rapat bersama pihak-pihak terkait, termasuk kepolisian untuk membahas acara tersebut.

“Kapalnya dibatasi. Dari sebelumnya 94 jadi 30 kapal,” kata Zakir, Minggu (08/04/2022).

Sebagaimana diketahui, acara praonan biasanya ramai dihadiri ratusan hingga ribuan warga. Mereka di antaranya adalah sanak saudara warga Panggungrejo berikut teman-temannya yang berasal baik dari Kota Pasuruan maupun luar kota.

Para warga yang memiliki perahu akan mengajak sanak saudaranya yang datang untuk berlayar dengan perahu ke tengah laut. Mereka biasanya sambil melihat binatang hiu tutul yang sering muncul ke permukaan.

Baca Juga :   Isi Libur Sekolah, Anak Pantai Main Ski di atas Lumpur

Selain di Kelurahan Panggungrejo, praonan juga akan digelar di wilayah pesisir Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

Camat Lekok, Mulyohadi mengatakan, selain praonan, besok masyarakat Lekok juga akan menggelar acara skilot atau berselancar di atas lumpur.

“Insyaallah ada. Ada pemberitahuan kemarin. Kami sudah kumpulkan, kami beri arahan-arahan, karena situasinya juga masih pandemi, Mas,” kata Mulyohadi. (tof/asd)