Hati-hati! Jangan Lakukan Ini pada Korban Kecelakaan

639

Pasuruan (wartabromo.com) – Kecelakaan membuat korbannya mengalami cedera. Untuk itu, diperlukan tindakan tepat untuk menolongnya dan tak boleh asal-asalan.

Namun, banyak kesalahan yang terjadi saat memberi pertolongan pertama. Mulai dari hal yang tidak boleh dilakukan saat mimisan, hingga hal yang membuat luka bakar memburuk.

Lalu, hal-hal apa lagi yang tak boleh dilakukan pada korban kecelakaan? Dinukil dari berbagai sumber inilah beberapa diantaranya:

1. Mendongakkan Kepala Saat Mimisan

Mimisan adalah salah satu hal yang biasa terjadi pada korban kecelakaan. Kalau korban mengalami hal ini maka jangan pernah mendongakkan kepala korban. Pasalnya bisa menyebabkan muntah darah.

Lalu bagaimana menghentikan mimisan pada korban kecelakaan? Yakni condongkan tubuh ke depan dan jepit ujung hidung.

Baca Juga :   Hindari Pengayuh Sepeda, Bus Nyungsep ke Sungai

2. Langsung Memberi Minum

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia ketika menolong korban kecelakaan adalah memberikan air untuk diminum. Alasannya, agar korban merasa lebih tenang.

Padahal, tindakan tersebut justru membahayakan korban. Kok bisa? Sebab memberi air minum bisa menyebabkan korban tersedak. Apalagi jika korban mengalami cedera pada area perut. Maka akibatnya bisa fatal.

”Bisa tersedak karena saluran pernapasannya tertutup, ujar Justri Pulubuhu, Training Director dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jakarta dinukil dari Kompas.

3. Asal Mengangkat dan Memindahkan Korban

Tak semua korban kecelakaan bisa langsung dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Pasalnya, memindahkan korban kecelakaan, terutama dengan cedera berbeda dengan korban yang pingsan.

Baca Juga :   Juragan Pemilik Senapan Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Orang yang tidak mengerti sering kali mengangkat korban tanpa pertimbangan. Ketika korban ternyata mengalami cedera di salah satu bagian tubuh, dan salah  memindahkannya, bisa-bisa cedera itu menjadi semakin parah.

Nah, kalau merasa tidak yakin bisa menolong korban kecelakaan, jangan pernah asal-asalan melakukannya. Disarankan untuk segera menghubungi petugas ambulan. (trj/may)