Seorang Jamaah Haji Probolinggo Wafat

8

Probolinggo (WartaBromo.com) – Seorang jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo dilaporkan meninggal dunia di Arab Saudi. Saat dirawat di salah satu rumah sakit di Makkah pada Sabtu (25/6/2022).

Jamaah haji itu atas nama Fadilah Muhaki (62) warga Desa Maron Kulon, Kecamatan Maron. “Saya dapat kabar sorenya, yang bersangkutan terbang 5 hari sebelumnya,” kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Probolinggo Sugianto, Senin (27/6/22).

Almarhum, kata Sugianto, tergabung dalam kloter 22 yang berangkat pada 20 Juni. Ia naik haji bersama istrinya. Kloter ini, gabungan dari jamaah asal Kabupaten Bangkalan dan Sidoarjo.

Sebelum berangkat ke tanah suci, kondisinya memang kurang sehat. Sehingga yang bersangkutan berangat tidak berbarengan dengan jamaah asal Probolinggo lainnya.

Setelah beberapa hari berada di Makkah, almarhum kembali sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit, hingga akhirnya meninggal.

Jenazah Fadilah Muhaki dimakamkan di pemakaman umum. “Istrinya sudah memasrahkan sepenuhnya terkait pemakamannya ke pihak rumah sakit,” jelasnya.

Sebelum dirawat di rumah sakit, almarhum sudah melaksanakan umrah. Untuk pelaksanaan hajinya , ia bakal diwakili oleh orang lain (badal haji). Karena pelaksanaan haji dimulai 3 hari sebelum Idul Adha.

“Ibadah hajinya nanti dibadalin oleh petugas PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, red) yang ada di Arab Saudi sana,” tutur ia.

Sugianto memastikan kondisi kesehatan jamaah haji lainya tidak ada yang sakit. “Biasanya kalau ada, ketua kloternya itu akan laporan ke kami,” tandas ia. (cho/saw)